Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan / Luluk Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan / Luluk Fauziah

Fauziah, Luluk (2015) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan / Luluk Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luluk Fauziah. 2015. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Berdikari Kota Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum Kata Kunci kemampuan kognitif pembelajaran kontekstual Berdasarkan penelitian pada observasi awal ditemukan fakta bahwa anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan ditemukan 23 anak tidak mampu dalam kegiatan proses pencampuran warna (mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi jika warna dicampur). Kenyataan ini didukung pembelajaran yang dilakukan guru seringkali tidak menggunakan media yang kontekstual. Sehingga perhatian anak tidak terfokus pada guru karena kegiatan pembelajaran monoton membosankan dan tidak memenuhi kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak (2) peningkatan kemampuan kognitif setelah diterapkan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model kolaboratif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar observasi lembar kegiatan anak dan dokumentasi. Subyek penelitian ini anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan terdiri dari 25 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan tahapan membangun perhatian tahapan anak menemukan sendiri hasil kegiatan serta tahapan pertisipasi anak untuk membuat kesimpulan penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Berdikari Kota Pasuruan. Hal ini ditandai dengan skor rata-rata kemampuan kognitif anak dalam kegiatan pencampuran warna meningkat dari 74 16 pada siklus I menjadi 90 36 pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Berdasarkan hasil penelitian ini untuk penelitian selanjutnya disarankan (1) menerapkan pembelajaran kontekstual untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan melakukan kegiatan yang bervariasi (2) pembelajaran kontekstual dilanjutkan dengan penelitian lain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item