Upaya menstimulasi kecerdasan visual spasial melalui penciptaan properti dan aksesoris tari dolanan anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Malang / Susy Yuli Arfanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya menstimulasi kecerdasan visual spasial melalui penciptaan properti dan aksesoris tari dolanan anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Malang / Susy Yuli Arfanti

Arfanti, Susy Yuli (2015) Upaya menstimulasi kecerdasan visual spasial melalui penciptaan properti dan aksesoris tari dolanan anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Malang / Susy Yuli Arfanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arfanti Susy Yuli. 2015. Upaya Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial Melalui Penciptaan Properti Dan Aksesoris Tari Dolanan Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes (II) Dr. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Properti Tari Dolanan Aksesoris Kecerdasan Visual Spasial TK Kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Kabupaten Malang masih rendah. Dari 22 anak 14 anak diantaranya menunjukkan kecerdasan visual spasial anak masih belum maksimal. Pembelajaran sering menggunakan LKS untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru jarang sekali ada tugas yang bertujuan untuk merangsang kreatifitas anak. pada kegiatan menggambar bebas hanya 3 anak (13%) dari 22 anak yang mampu menggambar sesuai ide anak sedangkan 19 anak (87%) mencontoh gambar guru atau temannya. Kegiatan bermain kontruktif seperti bermain puzzle anak seringkali kesulitan menyusun kepingan tersebut jika tidak dibantu oleh guru. Dari 22 anak hanya 5 anak (22%) yang mampu menyusun kepingan puzzle tersebut sedangkan 17 anak (78%) sisanya mampu menyusun dengan bantuan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dirancang dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek peneliti yaitu kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Kabupaten Malang sebanyak 22 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi penilaian dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan menciptakan properti dapat menstimulasi kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Kabupaten Malang dengan hasil persentase ketuntasan belajar kecerdasan visual spasial anak pra tindakan 36 36% siklus I sebesar 68 18 % siklus II sebesar 81 81 %. Rata-rata kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Kabupaten Malang mengalami peningkatan sebesar 26 22 %. Disimpulkan bahwa kegiatan menciptakan properti dan aksesoris tari dolanan dapat menstimulasi kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Bululawang Kabupaten Malang. Saran untuk guru paud agar menambah kegiatan pembelajaran yang bertujua untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak. Bagi Kepala Sekolah untuk melengkapi media dan fasilitas pembelajaran. Bagi lembaga sekolah untuk melengkapi fasilitas dan media pembelajaran yang memadai. Untuk peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan untuk anak usia dini sebagai kajian teoritis dan penelitian selanjutnya. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item