Penerapan permainan bingo mini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PKK Setya Putra Malang / Faridlotul Laily - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan bingo mini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PKK Setya Putra Malang / Faridlotul Laily

Laily, Faridlotul (2015) Penerapan permainan bingo mini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PKK Setya Putra Malang / Faridlotul Laily. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laily Faridlotul. 2015. Penerapan Permainan Bingo Mini Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK PKK Setya Putra Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M. Pd. Kata Kunci kognitif permainan Bingo Mini. Berdasarkan penelitian pada observasi awal ditemukan fakta bahwa kegiatan pembelajaran untukmeningkatkankemampuan kognitif pada kelompok B TK PKK Setya Putra Tumpang anak belum mampu mengenallambangbilangan 1-20 menghitungjumlahbergambar 1-20 mencocokkanjumlahgambardenganlambangbilangan danmembilang 1-20 secarasederhana.Diketahui dari 16 anak terlihat sekitar 7 anak belum mampumengurutkan angka dengan tepat atau sekitar 43 75% 4 anak belum mampu untuk membilang dengan benaratau sekitar 25% dan 5 anak yang sudah mampu membilang serta mengurutkan angka dengan tepat atau sekitar 31 25%. Penelitian tersebut menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dandirancang 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar observasi lembar wawancara danfotokegiatan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TKPKK Setya Putra TumpangKabupaten Malang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Hasilpenelitianpenerapankegiatanpermainan Bingo Minimenunjukkandapatmeningkatkankualitasbelajardankemampuankognitifmeningkatkandapatdilihatdariaktifitasanakpadasiklus I anakberlombamencaripasanganangka sedangkanpadasiklus II anakberlombamencaripasanganangkadanmenghitungjumlahbergambar semuaanakterlibataktifdalampermainantersebut selainaktivitasanak yang sangatantusiasdanaktifdalampermainan keberhasilanpenerapanpermainan Bingo Mini jugadapatdilihatdarihasilpersentaseketuntasananakpratindakan 31 25% setelahditerapkanpermainan Bingo Mini padasiklus I persentaseketuntasananakmenjadi 56 25% dandilanjutkanpadasiklus II persentaseketuntasananakmenjadi 87 5%. Penerapanpermainan Bingo Mini dapatmeningkatkankemampuankognitifanak adapun saran yang dikemukakanpenelitiadalah (1)bagi guru penelitianinimampumenjadiinspirasidalamrangkapeningkatanmutupembelajaran. (2)bagisekolah penilitianinidapatmenjadipanduandalamrangkapeningkatanmutupembelajaran. (3) bagilembaga semogadapatmenyediakan media yang lebihinofativ. (4) bagipenelitilain penelitianselanjutnyabisalebihmengembangkankemampuankognitifanakmelalui media pembelajaran yang lebihkreatiflagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item