Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam daun pisang pada kelompok b di TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri / Fadilatul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam daun pisang pada kelompok b di TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri / Fadilatul Fitria

Fitria, Fadilatul (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam daun pisang pada kelompok b di TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri / Fadilatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitria Fadilatul 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Daun Pisang Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd (II) Prof. Dr. HM Zainuddin M.Pd Kata Kunci kemampuan motorik halus menganyam daun pisang Berdasarkan observasi yang telah dilakukan dapat diketahui kemampuan motorik halus yang meliputi koordinasi mata dengan tangan anak masih belum berkembang dengan baik. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut yaitu (1) media yang digunakan sangat monoton hanya berpacu pada LKA dan media gambar (2) kegiatan motorik halus yang dilakukan kurang menarik dan bervariasi (3) kegiatan belajar dan bermain berfokus pada calistung (4) tingkat kematangan anak yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan menganyam daun pisang di kelompok B TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui bahwa kegiatan menganyam daun pisang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK yang terdiri dari 1 siklus dengan dua kali pertemuan. Pada siklus I dilakukan beberapa tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 05 Februari 2015 sampai 25 Februari 2015. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yaitu cara reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menganyam daun pisang sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang tertulis dalam instrumen penelitian dan dalam pembelajaran terbukti dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anakpada kelompok B. Pada siklus I pertemuan pertama sebesar 20% sedangkan pada siklus I pertemuan kedua mencapai 80%. Kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan sebesar 66 7%. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pendidik anak usia dini dapat menerapkan kegiatan menganyam yang diseuaikan dengan tema.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item