Penerapan permainan sirkuit rimba untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Kelompok B TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Yuvi Indrawati Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan sirkuit rimba untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Kelompok B TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Yuvi Indrawati Purwaningsih

Purwaningsih, Yuvy Indrawati (2015) Penerapan permainan sirkuit rimba untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Kelompok B TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Yuvi Indrawati Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Purwaningsih Yuvy. 2014. Penerapan Permainan Sirkuit Rimba untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Guru PAUD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Suryadi S.Sn. Kata kunci permainan sirkuit rimba kemampuan motorik kasar Fokus penelitian pada yang dilakukan oleh peneliti yaitu kemampuan motorik kasar. Dari hasil pra tindakan yang telah dilakukan oleh peneliti di TK Taman Indria1 Kecamatan Klojen Kota Malang ditemukan beberapa masalah aspek motorik kasar khususnya pada kemampuan gerak tubuh secara terkoordinasi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memilih permainan sirkuit rimba untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar. Manfaat penelitian adalah untuk mendeskripsikan 1) Penerapan permainan sirkuit rimba untuk menigkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang 2) Peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Taman Indria 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membentuk suatu siklus jika siklus I belum berhasil maka perlu diadakan siklus-siklus selanjutnya. Dengan menggunakan model siklus Kemmis MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di TK Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang dengan subyek penelitian sebanyak 18 anak. Pelaksanaan permainan sirkuit rimba terdiri dari 3 langkah meliputi (a) tahap persiapan yang berisi tentang pengantar kegiatan (b) tahap pelaksanaan (c) tahap penutupan yang berisi refleksi selama proses pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Nilai ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 44 44%. Hasil tersebut mengalami peningkatan sebesar 27 77% dari hasil pratindakan. Pada siklus II hasil penilaian sebesar 100% hasil tersebut mengalami peningkatan sebesar 55 56 % dari hasil siklus I. Penelitian dihentikan karena ketuntasan kelas sudah mencapai 8805 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan sirkuit rimba di Taman Indria 1 Kecamatan Klojen Kota Malang dan dapat meningkatkan bidang kemampuan gerak tubuh secara terkoordinasi. Disarankan bagi peneliti lain dalam mengembangkan permainan sirkuit rimba untuk aspek perkembangan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8284

Actions (login required)

View Item View Item