Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang / Dwi Yuyut Sariningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang / Dwi Yuyut Sariningrum

Sariningrum, Dwi Yuyut (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang / Dwi Yuyut Sariningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sariningrum Dwi Yuyut . 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Di Kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum. (2) Tumardi S Pd M.Pd Kata Kunci AUD Motorik Halus Menganyam Kemampuan motorik halus adalah salah satu aspek perkembangan yang mengembangkan kemampuan gerakan anak yang mengkoordinasikan bagian tangan dan mata. Pada observasi awalditemukan beberapa permasalahan antara lain (1)Dari 12 anak di kelompok A terdapat 7 (60%) anak yang kemampuan motorik halusnya masih kurang (2) anak belum bisa menempel potongan gambar pada (3) kelenturan tangan anak dalam menggunakan tangan sebagai persiapan menulis belum terlihat (masih kaku). Oleh karena itu peneliti memilih menganyam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kegiatan menganyam dalam pembelajaran kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam kelompok A TK Bhakti Persada. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi.Intrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kemampuan motorik halus dan lembar wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Bhakti Persada Kabupaten Malang yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan menganyam ini meliputi kerapian dalam menganyam dan ketelitian dalam menganyam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Bhakti Persada Kabupaten Malang. Rata rata kemampuan awal anak yaitu 60 22% dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 27 27%. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak memperoleh prosentase rata rata 67 37 % dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 43 18%. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak memperoleh prosentase rata rata 83 31% dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 87 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan menganyam. Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan kegiatan menganyam ini dalam pembelajaran berlangsung dan anak daoat menghasilkan suatu karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item