Pengembangan media papan baca tombol geser untuk anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak / Luluk Rohmatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan baca tombol geser untuk anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak / Luluk Rohmatul Laili

Laili, Luluk Rohmatul (2015) Pengembangan media papan baca tombol geser untuk anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak / Luluk Rohmatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmatul Laili Luluk. 2015. Pengembangan Media Papan Baca Tombol Geser untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata kunci Media Papan Baca Tombol Geser Kemampuan Membaca Awal Kemampuan membaca awal pada anak erat kaitanya dengan kemampuan bahasa yang dimiliki oleh anak. Kemampuan membaca hendaknya dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran yang menarik sehingga dapat membangkitkan motivasi dan keingintahuan anak. Kegiatan yang hanya berupa lembar kerja akan membosankan bagi anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan membaca awal sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif menarik dan menyenangkan bagi anak. Media yang dihasilkan untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Uji coba dilakukan di TK Muslimat NU 11. Hasil analisis data diperoleh tingkat kelayakan media berupa persentase rata-rata hasil evaluasi 3 orang ahli sebagai validator media yaitu sebesar 91 7 %. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan produk ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini. Saran yang dapat diberikan antara lain media ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak khususnya pengembangan bahasa. Hasil pengembangan ini dapat diterapkan kembali dengan menambahkan variasi pada kartu gambar sehingga aspek perkembangan lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8279

Actions (login required)

View Item View Item