Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B melalui pendekatan saintifik di TK Madinah Malang / Siti Nur Komariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B melalui pendekatan saintifik di TK Madinah Malang / Siti Nur Komariyah

Komariyah, Siti Nur (2015) Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B melalui pendekatan saintifik di TK Madinah Malang / Siti Nur Komariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK KomariyahNur Siti. 2015. PeningkatanKemampuan Bahasa Anakkelompok BmelaluiPendekatanSaintifik di TK Madinah Malang.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Saintifik kemampuan bahasa anak kelompok B Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan bahasa anak dalam hal berceritapengalamansecarasederhana. Hal ini disebabkanmedia pembelajaran yang digunakanlebihseringmenggunakanbukudanmajalah sehinggaanakkurangtertarikdancepatbosan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganmenggunakanpendekatansaintifikuntukmeningkatkankemampuan Bahasa anakkelompok B di TK Madinah Malang (2) mendeskripsikanpeningkatankemampuanbahasaanakkelompok B di TK Madinah Malang melaluipendekatansaintifik. PendekatansaintifikmenurutKemendikbud 2013 adalah proses pembelajaran yang dirancangsedemikianrupa agar pesertadidiksecaraaktifmembangunkompetensisikap pengetahuandanketerampilanmelaluitahapanmengamati menanya mengumpulkaninformasi menalardanmengkomunikasikan. Penelitianinimenggunakanrancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dilakukan dengan empat alur pokok yaitu (1) perencanaan (2)pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4)refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan anak lembar wawancara dan foto kegiatan anak selama pembelajaran berlangsung. Subyek penelitian adalah peserta didik kelompok B di TK Madinah Malang pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak. Berdasarkanhasilpenelitian menunjukkanbahwakemampuan bahasa anak mengalami peningkatan yaitu (1) Anak semakin bersemangat mengikuti pembelajaran denganmenggunakanpendekatansaintifik. (2) Anakmampumengungkapkan/ berceritapengalamansederhanadenganmenggunakanpembelajaranmelaluipendekatansaintifik. Setelahpenelitiandiketahuibahwa rata-rata hasilbelajarpada siklus I sebesar 33 3% dan pada siklus II sebesar 94 4% dengan persentase peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 61%.Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melaluipendekatansaintifik haruslah diiringidenganpenggunaan media yang menarikdannyatasertakegiatanpembelajaran yang dilakukandiluarkelasagar anakmengalamisuasanapembelajaranyang lebihmenariksehinggadapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Madinah Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item