Pengembangan permainan sirkuit rotan ceria untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) / Tri Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit rotan ceria untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) / Tri Aisyah

Aisyah, Tri (2015) Pengembangan permainan sirkuit rotan ceria untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) / Tri Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah Tri. 2015. Pengembangan Permainan Sirkuit Rotan Ceria untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S. (2) Dra. Harti Kartini M. Pd. Kata kunci pengembangan permainan sirkuit fisik motorik PAUD Kegiatan untuk mengembangkan fisik motorik kasar harus dilakukan di TK. Namun pada kenyataannya pembelajaran fisik motorik kasar yang dilakukan hanya senam. Melihat kenyataan yang ada maka perlu dikembangkan suatu produk permainan yang terdiri dari serangkaian kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan mudah dilakukan oleh anak. Produk yang dikembangkan adalah berupa permainan sirkuit dan diberi nama sirkuit rotan ceria. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk permainan sirkuit rotan ceria untuk pembelajaran fisik motorik kasar yang memenuhi persyaratan kemenarikan kesenangan kemudahan dan keamanan menurut para ahli. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian prosedural oleh Borg Gall. Namun dalam penelitian ini hanya mengikuti 7 langkah dari 10 langkah oleh Borg Gall yaitu melakukan 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan dilanjutkan evaluasi ahli 3) pengembangan produk awal 4) uji coba kelompok kecil 5) revisi produk 6) uji lapangan/uji coba kelompok besar dan 7) revisi produk akhir. Data diperoleh dari para ahli yaitu ahli permainan ahli fisik motorik kasar dan ahli pendidikan anak usia dini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan (1) 84 6% dinyatakan sesuai oleh ahli permainan dengan kriteria sangat valid (2) 95% dinyatakan sesuai oleh ahli fisik motorik kasar dengan kriteria sangat valid (3) 95% dinyatakan sesuai oleh ahli pendidikan anak usia dini dengan kriteria sangat valid. Pada uji kelompok kecil dinyatakan (1) 86 1% sesuai aspek kemudahan anak melakukan aktivitas (2) 100% sesuai aspek kesenangan anak melakukan aktivitas (3) 100% sesuai aspek keamanan anak melakukan aktivitas. Sedangkan uji coba kelompok besar dinyatakan (1) 97 2% sesuai aspek kemudahan anak melakukan aktivitas (2) 100% sesuai aspek kesenangan anak melakukan aktivitas (3) 98 8% sesuai aspek keamanan anak melakukan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit rotan ceria efektif karena mudah dilakukan anak menyenangkan dan tidak berbahaya bagi anak sehingga layak digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran fisik motorik kasar anak kelompok B. Beberapa hal yang disarankan yaitu (1) guru harus menyampaikan aturan permainan di awal dan (2) guru perlu mendampingi dan memberikan contoh sehingga anak mampu meniru setiap kegiatan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item