Penerapan permainan sains sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU 21 Malang / Siti Zulaikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan sains sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU 21 Malang / Siti Zulaikhah

Zulaikhah, Siti (2015) Penerapan permainan sains sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU 21 Malang / Siti Zulaikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulaikhah Siti. 2015. Penerapan Permainan Sains Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun TK Muslimat NU 21 Malang. Skripsi Jurusan KSDP Prodi S1PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H Ahmad Samawi M Hum (II) Drs Tomas Iriyanto M.Pd Kata Kunci Sains sederhana kognitif TK. Hasil pengamatan di TK Muslimat NU 21 menunjukkan bahwa hasil belajar anak dalam aspek pengembangan kognitif masih belum sesuai dengan harapan guru. Hal ini dapat diketahui pada pengamatan yang di lakukan peneliti di sekolah tersebut. Dari 15 anak 40% (6 anak) mampu mengenal konsep sains sederhana sedangkan 60% (9anak) lainnya masih belum mampu dalam mengenal konsep sains sederhana seperti mengurutkan benda dengan bilangan angka 1-10 mengenal dan membedakan biji-bijian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan permainan sains sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 21melalui kegiatan mengenal dan membedakan biji-bijian. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 21setelah diterapkan permainan sains sederhana di TK Muslimat NU 21 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis MC Taggart dengan empat komponen yaitu (1) perencanaan (2) pelaksaaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas dari awal penyusunan kegiatan harian (RKH) sampai pelaksanaan pembelajaran permainan sains sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Penelitian ini menggunakan instrument lembar observasi penilaian dan dokumen Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan sains sederhana melalui kegiatan mengenal dan membedakan biji-bijian mengurutkan bilangan dengan benda pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 21 Malang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. dengan rata-rata hasil tes mulai dari pra tindakan 58% pada siklus I kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 82% pada siklus II meningkat lagi menjadi pada 94% dan dinyatakan berhasi tuntas. Disimpulkan bahwa penerapan permainan sederhana dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak udia 4-5 tahun kelompok A TK Muslimat NU 21 Malang. Kegiatan penerapan permainan sains sederhana meliputi 1) permainan melempar kantong biji 2) mengenal dan membedakan biji-bijian 3) menyebutkan bilangan dengan benda 1-10 4) mengurutkan biji dari yang terkecil sampai yang terbesar. Dengan demikian disarankan bagi Pendidik Anak Usia Dini hendaknya melaksanakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan anak secara langsung. Karena hal ini akan memberikan makna yang mendalam dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penerapan permainan sains ini dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak melalui kegiatan bermain. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan tentang permainan sains ini untuk perkembangan aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item