Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan detektif cilik pada anak Kelompok A TK Al-Fadholi Malang / Lia Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan detektif cilik pada anak Kelompok A TK Al-Fadholi Malang / Lia Wahyuningsih

Wahyuningsih, Lia (2015) Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan detektif cilik pada anak Kelompok A TK Al-Fadholi Malang / Lia Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Lia 2015. PeningkatanPemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Detektif Cilik pada Anak Kelompok A TK Al-Fadholi Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata Kunci Pemahaman Konsep Bilangan Permainan Detektif Cilik Berdasarkan latar belakang mengenai kemampuan kognitif yang dimiliki anak kelompok A TK Al-Fadholi Malang yang masih rendah maka dilakukanlah penelitian ini. Penyebabnya yaitu pembelajaran yang kurang menarik bagi anak serta pembelajaran yang belum mampu membangun keaktifan dan minat anak untuk belajar serta media yang digunakan berupa lembar kerja dan papan tulis . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan permainan Detektif Cilik untuk meningkatkan kemampuan membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda dan menghubungkan/memasangkan bilangan dengan benda sampai 5 anak kelompok A TK Al-Fadholi Malang (2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda dan menghubungkan/memasangkan bilangan dengan benda sampai 5 kelompok A TK Al-Fadholi Malang setelah penerapan permainan Detektif Cilik. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah 19 anak kelompok A di TK Al-Fadholi Malang. Instrumen penelitian yang menjadi pedoman yaitu hasil observasi dan refleksi yang dilakukan oleh guru kelas dan peneliti. Analisis data penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda dan menghubungkan/memasangkan bilangan dengan benda sampai 5 pada anak kelompok A di TK Al-Fadholi Malang telah menunjukkan peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi pembelajaran yang lebih menyenangkan dan dapat membangun minat belajar anak setelah diterapkan permainan Detektif Cilik. Persentase ketuntasan kelas juga mengalami peningkatan pada pratindakan ketuntasan kelas sebesar 15 8% siklus I telah meningkat menjadi 36 8% sehingga dilaksanakan siklus II dikarenakan belum mencapai standar ketuntasan kelas yaitu 8805 75%. Pada siklus II ketuntasan kelas meningkat menjadi 78 9% artinya kemampuan kognitif anak kelompok A TK Al-Fadholi Malang dinyatakan tuntas. Peneliti berharap pendidik anak usia dini dapat menerapkan dan mengembangkan permainan Detektif Cilik dalam usaha meningkatkan kemampuan kognitif dan mengembangkan permainan lain dalam setiap kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item