Penerapan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di TKK Mardi Wiyata Malang / Maria Angela Winarsih Prihartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di TKK Mardi Wiyata Malang / Maria Angela Winarsih Prihartini

Prihartini, Maria Angela Winarsih (2015) Penerapan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di TKK Mardi Wiyata Malang / Maria Angela Winarsih Prihartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihartini Maria Angela Winarsih. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TKK Mardi Wiyata Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Alam Motorik Halus Anak Kelompok B Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan adalah karena rendahnya kemampuan motorik halus anak di TKK Mardi Wiyata Malang yang meliputi kegiatan membuat variasi coretan meniru bentuk dan menggambar bebas masih menggunakan buku paket. Hal ini disebabkan karena kegiatan untuk mengenalkan alam sekitar tempat belajar belum pernah dilakukan. Maka peneliti merancang suatu model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TKK Mardi Wiyata Malang (2)mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TKK Mardi Wiyata Malang dengan menerapkan model pembelajaran berbasis alam. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu 22 anak kelompok B di TKK Mardi Wiyata Malang. Instrumen penelitian yang menjadi pedoman yaitu hasil observasi dan refleksi yang dilakukan oleh guru peneliti. Analisis data penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penerapan model pembelajaran berbasis alam dengan menggunakan pasir untuk menunjukkan kelancaran dalam menggores sesuai dengan apa yang diamati anak setelah melihat benda-benda di sekitar sekolah dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Hal ini terbukti dari hasil observasi pada persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 50% dan siklus II ketuntasan kelas meningkat sebesar 91%. Sehingga terdapat peningkatan persentase ketuntasan kelas dari siklus I hingga siklus II sebesar 41%. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis alam menggunakan media pasir dengan cara menunjukkan kelancaran dalam menggores dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Saran peneliti supaya pendidik dapat menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis alam yang lebih bervariasi dan menarik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item