Penanganan perilaku agresif anak autis oleh guru di TKLB River Kids Kota Malang / Rima Yovita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanganan perilaku agresif anak autis oleh guru di TKLB River Kids Kota Malang / Rima Yovita

Yovita, Rima (2015) Penanganan perilaku agresif anak autis oleh guru di TKLB River Kids Kota Malang / Rima Yovita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yovita Rima.2015. Penanganan Perilaku Agresif Anak Autis oleh Guru di TKLB River Kids Kota Malang. Skripsi Jurusan KependidikanSekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci Penanganan perilaku agresif anak autis Perilaku agresif merupakan perilaku yang bertujuan untuk melukai orang lain. Penanganan perilaku agresif secara tepat dapat membantu anak dalam bersosialisasi dengan orang lain. Oleh karena itu penting bagi pendidik untuk menangani perilaku agresif secara tepat. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk- bentuk perilaku agresif (2) faktor penyebab perilaku agresif(3)memberikan alternatif / solusi dan upaya penanganan perilaku agresif agar dapat berperilaku secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitianinimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Tehnik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi yang kemudian dideskripsikan sesuai dengan keadaan di lapangan. Langkah selanjutnya dilakukan triangulasi untuk memperoleh keabsahan temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku dari anak condong kearah agresif fisik atau perilaku yang dilakukan dengan melukai orang lain seperti memukul meludah mencakar dan mencubit. Hal tersebut dikarenakan frustrasi yang dialamianak serta ketidakmampuan anak dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru. Penanganan perilaku agresif ini dilakukan secara tepat dan bertahap. Pada awalnya perilaku anak diarahkan untuk tidak melakukan perilaku yang menganggu memberi hukuman serta mengalihkan perilaku agresif tersebut. Penanganan yang dilakukan guru haruslah sama antara guru kelas terapi okupasi bermain wicara motorik dan doremi. Hal tersebut bertujuan agar perilaku anak dapat ditangani secara tepat.Selain kerjasama antara guru kelas yang ada disekolah hendaknya peran orang tua juga penting bagi perubahan perilaku anak sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penanganan perilaku anak maka hendaknya ada kerjasama yang dilakukan oleh semua pihak dalam menangani perilaku agresif agar anak dapat berperilaku secara wajar di kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8268

Actions (login required)

View Item View Item