Pengembangan media fun recycle sircuit untuk pembelajaran aspek fisik motorik di Taman Kanak-kanak kelompok B / Chonia Via Khurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media fun recycle sircuit untuk pembelajaran aspek fisik motorik di Taman Kanak-kanak kelompok B / Chonia Via Khurniawati

Khurniawati, Chonia Via (2015) Pengembangan media fun recycle sircuit untuk pembelajaran aspek fisik motorik di Taman Kanak-kanak kelompok B / Chonia Via Khurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khurniawati Chonia Via. 2015. Pengembangan Media Fun Recycle Sircuit Untuk Pembelajaran Aspek Fisik Motorik Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata kunci Pengembangan media fisik motorik fun recycle sircuit. Kegiatan pembelajaran fisik motorik pada anak kelompok B di TK An-Nur Sawojajar Malang selalu monoton dan kurang bervariasi. Gerakan seperti berjalan berlari melompat meloncat dan gerakan lainnya yang tergolong gerakan kasar yaitu gerakan yang menggunakan otot besar jarang dilakukan dan kurang diperhatikan. Ketika senam hanya menggunakan media tape recorder. Padahal bisa menggunakan media yang berada di lingkungan sekitar sekolah yaitu dengan memanfaatkan bahan bekas yang ada. Untuk itu perlu adanya pengembangan media fun recycle sircuit yaitu sebuah media yang bervariasi menyenangkan dan berangkai pada pembelajaran fisik motorik anak yang terbuat dari bahan-bahan bekas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu media yang melatih kebugaran jasmani pada anak dan efisien karena terbuat dari bahan-bahan bekas yang inovatif untuk pembelajaran fisik motorik anak secara efektif dan valid. Pengembangan media fun recycle sircuit ini mengacu pada model pengembangan dari Dick Carey. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain 1) analisis kebutuhan dan tujuan 2) analisis pembelajaran 3) analisis pembelajar atau anak dan konteks 4) merumuskan tujuan khusus 5) mengembangkan instrumen 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif 9) melakukan revisi. Media ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli yaitu ahli pembelajaran anak usia dini ahli fisik motorik dan ahli media pembelajaran. Hasil analisis data uji lapangan kelompok besar diperoleh skor yaitu (1) 92 7% penggunaan media fun recycle sircuit yang efektif dilakukan anak (2) 96 7% penggunaan media membuat anak efisien dalam melakukan kegiatan dan (3) 100% penggunaan media menarik untuk anak. Kelebihan dari media yang dihasilkan adalah (1) digunakan untuk fisik motorik kasar yang bertujuan untuk melatih kebugaran jasmani (2) dapat melatih kemampuan bahasa agama dan moral fisik dan sosial emosional. Media ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran fisik motorik untuk anak kelompok B setelah penyempurnaan produk dilakukan. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan perlu adanya kajian untuk mengetahui keefektifan media fun reycle sircuit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item