Pengembangan permainan sirkuit pohon ajaib dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Fitri Aniz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit pohon ajaib dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Fitri Aniz Zahroh

Zahroh, Fitri Aniz (2015) Pengembangan permainan sirkuit pohon ajaib dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Fitri Aniz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahroh Fitri Aniz. 2015. Pengembangan Permainan Sirkuit Pohon Ajaib Dalam Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok A di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (2) Muhammad Arafik S.Pd M Pd. Kata kunci Permainan Sirkuit Pohon Ajaib Fisik Motorik Berdasarjkan hasil pengamatan melalui observasi terhadap anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang pembelajaran fisik motorik masih terbatas didalam kelas dan pengembangan kegiatan belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan permainan sirkuit pohon ajaib diharapkan dapat memfasilitasi perkembangan fisik motorik anak serta mengembangkan aspek lain yaitu kognitif dan bahasa anak usia 4 sampai 5 tahun dengan permainan yang mudah menyenangkan serta aman untuk anak. Penelitian dan pengembangan menggunakan model Dick Carey 9 langkah yang digunakan antara lain (1) Identifying an instrutional goal(analisis kebutuhan dan tujuan) (2) Conducting an instructional analysis(analisis pembelajaran) (3) Identifying entry behaviors and characteridtics(analisis pembelajaran dan konteks) (4) Writing performance objectives(merumuskan tujuan performasi) (5) Developing criterion-referenced tests(pengembangan instrumen) (6) Developing an instructional strategy (mengembangkan strategi pembelajaran) (7) Developing and selecting instruction(mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran) (8)Designing and conducting the formative evaluation(merancang dan melakukan evaluasi formatif) (9)Conducting summative evaluation(melakukan revisi). Hasil data uji lapangan kelompok besar diperoleh persentase yaitu (1) 81 25% anak sangat aman melakukan permainan (2) 83 4% anak mudah melakukan permainan (3) 82 5% anak senang melakukan permainan. Maka produk yang dikembangkan tanpa adanya revisi sehingga menjadi produk akhir yang yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menarik serta membantu anak aktif aman serta menyenangkan dalam kegiatan pengembangan fisik motorik anak di TK PKK Bandulan Malang. Berdasarkan data hasil pengembangan permainan sirkuit pohon ajaib maka dapat disimpulkan bahwa (1) permainan sirkuit pohon ajaib mudah dilakukan aman serta menyenagkan bagi anak (2) permainan mampu mengembangkan fisik motorik anak. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah serta lembaga yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu penelitian hanya sebatas pengembanga produk diharapkan ada penelitian lanjutan untuk menguji tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item