Pengembangan permainan "tornado binatang" dalam pembelajaran kognitif anak TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Malang / Mubakhatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan "tornado binatang" dalam pembelajaran kognitif anak TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Malang / Mubakhatul Jannah

Jannah, Mubakhatul (2015) Pengembangan permainan "tornado binatang" dalam pembelajaran kognitif anak TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Malang / Mubakhatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Mubakhatul. 2015. Pengembangan Permainan Tornado Binatang dalam Pembelajaran Kognitif Anak TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Permainan Tornado Binatang Pembelajaran Kognitif TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah mengalami pergeseran PAUD yang diharapkan menjadi tempat bermain sambil belajar telah berubah menjadi sekolah dini yang mengekang kebebasan bermain anak. Pada pembelajaran kognitif di PAUD yang terpenting adalah bukanlah anak menyerap sebanyak-banyaknya pengetahuan tetapi cara anak dapat mengingat dan menggunakan yang dipelajarinya dalam kehidupannya. Solusi yang digunakan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah di atas adalah dengan menggunakan permainan. Permainan Tornado Binatang berupa permainan yang terdiri dari beberapa kegiatan. Penggunan permainan Tornado Binatang dapat membuat anak mengenal konsep warna dan konsep binatang. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan permainan Tornado Binatang yang layak untuk digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran kognitif anak TK Dharma Wanita Dinoyo Persatuan 01 Malang menghasilkan produk berupa buku panduan permainan Tornado Binatang menghasilkan rencana pembelajaran kognitif melalui permainan Tornado Binatang . Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Dick dan Carey. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Subjek uji coba perorangan adalah 3 anak subjek uji coba kelompok kecil adalah 6 anak dan subjek uji coba lapangan adalah 30 anak TK Dharma Wanita Persatuan 01 Dinoyo Malang. Kriteria keberhasilan pengembangan permainan Tornado Binatang yaitu 1) 98 5% anak merasa aman melakukan permainan Tornado Binatang 2) 84 25% anak mudah melakukan permainan Tornado Binatang 3) 100% anak senang melakukan permainan Tornado Binatang 4) 87 5% anak paham melakukan permainan Tornado Binatang . Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk permainan Tornado Binatang dalam pembelajaran kognitik masuk dalam kriteria sangat valid (dapat digunakan) sebagai produk permainan pembelajaran kognitif. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran kognitif oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item