Pengembangan permainan lingkaran warna dalam pembelajaran kecerdasan visual-spasial pada anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD Pitaloka Bangil Pasuruan / Gita Ayu Immamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan lingkaran warna dalam pembelajaran kecerdasan visual-spasial pada anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD Pitaloka Bangil Pasuruan / Gita Ayu Immamah

Immamah, Gita Ayu (2015) Pengembangan permainan lingkaran warna dalam pembelajaran kecerdasan visual-spasial pada anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD Pitaloka Bangil Pasuruan / Gita Ayu Immamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Immamah Gita Ayu. 2015. Pengembangan Permainan Lingkaran Warna dalam Pembelajaran Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun PAUD PITALOKA Bangil Pasuruan. Skripsi Prodi PG-PAUD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto M. Pd (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Pengembangan permainan lingkaran warna pembelajaran kecerdasan visual spasial. Media permainan Lingkaran Warna merupakan permainan dalam pembelajaran visual spasial anak kelompok usia 3-4 tahun di PAUD Pitaloka Bangil Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi di PAUD Pitaloka Bangil beberapa anak masih belum bisa mengenal warna secara benar kegiatan pengenalan warna pada anak cenderung menggunakan media seadanya seperti pensil warna oleh karena itu pengembangan membuat alternatif pilihan untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran yang mudah menyenangkan dan aman bagi anak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg Gall. Mempertimbangkan untuk menghasilkan produkpengembangan pembelajaran peneliti hanya menggunakan 7 langkah prosedur penelitian dan pengembangan R D (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) Melakukan perencanaan pengembangan permainan Lingkaran Warna (3) Mengembangkan bentuk produk awal dan dievaluasi oleh ahli (4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek (5) Merevisi permainan Lingkaran Warna dari hasil uji coba kelompok kecil (6) Melakukan uji lapangan permainan Lingkaran Warna terhadap 24 subjek (7) Melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase. Hasil keseluruhan dari uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase rata-rata sebesar 96% pada anak usia 3-4 tahun. Pada uji kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 99% dengan pemain dari kelompok anak yang berusia 3-4 tahun sehingga produk permainan Lingkaran Warna dapat digunakan sebagai salah satu alternatif produk pembelajaran visual spasial. Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk permainan Lingkaran Warna dalam pembelajaran kecerdasan visual spasial menurut ahli materi pembejaran masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan) dengan persentase 100% sedangkan menurut ahli permainan anak usia dini masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan) dengan persentase 85 4 %. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran pengenalan warna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item View Item