Studi perencanaan welding class Program Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Singosari dengan PT. INKA / Alif Surya Adhika

Adhika, Alif Surya (2019) Studi perencanaan welding class Program Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Singosari dengan PT. INKA / Alif Surya Adhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhika, Alif Surya. Studi Perencanaan Welding Class Program Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Singosari dengan PT. INKA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto, S.T., M.M., M.Pd., Pembimbing (2) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Perencanaan, Kelas Industri, Welding Class, dan Teknik Pengelasan Pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang keahlian tertentu dimana salah satu cara untuk dapat mewujudkannya adalah dengan bekerja sama dengan pihak industri. Kerja sama yang dilakukan contohnya adalah pembentukan kelas industri. Kelas industri merupakan salah satu bentuk kerjasama antara sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan yang mengintegrasikan sistem pembelajaran yang terdapat di sekolah dengan dunia industri. Welding Class disini merupakan kelas industri kerja sama antara PT. INKA dengan SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan studi terkait perencanaan pembentukan kelas industri welding class teknik pengelasan SMK Negeri 1 Singosari yang meliputi persiapan, penyusunan kurikulum, tenaga pendidik, peserta didik, pembelajaran, praktik kerja industri dan uji kompetensi keahlian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus deskriptif. Lokasi yang digunakan penelitian Studi Perencanaan Welding Class adalah SMK Negeri 1 Singosari dan PT. INKA. Penelitian ini menggunakan informan atau sumber data yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala bidang teknik pengelasan, guru produktif welding class, dan siswa welding class. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi persiapan kerja sama welding class berupa persiapan kurikulum, sarana dan prasarana, dan tenaga pendidik. Bentuk kerja sama terkait kelas industri meliputi pelaksanaan rekrutmen siswa baru, magang guru, on job training siswa, UKK dan kerja sama lain yang saling menguntungkan. Kurikulum yang digunakan dalam kelas industri merupakan kurikulum yang telah disinkronisasi dengan PT. INKA. Tenaga pendidik memiliki kualifikasi khusus sebelum dapat mengajar yaitu harus memiliki sertifikat pelatihan dalam bidang pengelasan. Oleh karena itu dari segi peserta didik juga diseleksi untuk bisa masuk di kelas industri welding class. Pembelajaran yang dilakukan terutama pembelajaran praktik dilakukan dengan model project based learning. Diharapkan pembelajaran tersebut dapat menunjang ketika dilaksanakannya on job training ataupun Uji Kompetensi Keahlian. Kerja sama terkait dengan UKK meliputi fasilitas dalam pelaksanaan UKK beserta penerbitan sertifikat oleh industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82539

Actions (login required)

View Item View Item