Pengaruh penerapan project based learning dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosari di era industri 4.0 / Alivio Decky Haryananda

Haryananda, Alivio Decky (2019) Pengaruh penerapan project based learning dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosari di era industri 4.0 / Alivio Decky Haryananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryananda, Alivio Decky. 2019. Pengaruh Penerapan Project Based Learning dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosar Di Era Industri 4.0. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Marsono, S.Pd.T., M.Pd, Ph.D (II) Agus Suyetno, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Project Based Learning, Praktik Kerja Lapangan, Kesiapan Kerja Kesiapan Kerja siswa merupakan suatu kondisi individu yang meliputi kematangan fisik, mental dan pengalaman serta adanya kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan. Ketiga faktor tersebut dapat dikembangkan siswa salah satunya dengan pembelajaran menggunakan metode project based learning yang dilakukan sehari-hari di sekolah dan juga praktik kerja lapangan (PKL). Siswa yang dinilai telah kompeten dalam pembelajaran dan juga telah mendapatkan pengalaman praktik kerja lapangan diharapkan mempunyai kesiapan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua faktor tersebut yaitu penerapan project based learning dan juga pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa program studi Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel penelitian yang digunakan adalah hasil penerapan project based learning, pengalaman praktik kerja lapangan, dan kesiapan kerja. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik pengelasan SMKN 1 Singosari yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan penetapan kriteria siswa yang telah melaksanakan praktik kerja lapangan yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data yaitu dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas untuk menguji butir soal kuesioner, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskesdasitas, dan pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan project based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,774 dan nilai signifikansi 0.011; (2) pengalaman praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,795 dan nilai signifikasi 0,001; (3) penerapan project based learning dan pengalaman praktik kerja lapangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 15,258 dengan nilaiiisignifikansiiisebesarii0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82538

Actions (login required)

View Item View Item