Pengembangan aplikasi WTL-tutor berbasis android sebagai media pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Las mata pelajaran GTAW siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang / Mohammad Hikmatiar Isnan

Isnan, Mohammad Hikmatiar (2019) Pengembangan aplikasi WTL-tutor berbasis android sebagai media pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Las mata pelajaran GTAW siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang / Mohammad Hikmatiar Isnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Isnan, M. Hikmatiar.2019.Pengembangan Aplikasi WTL-Tutor Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Keahlian Teknik Las Mata Pelajaran GTAW Siswa Kelas XII SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Drs. Solichin, S.T., M.Kes (2) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd Kata Kunci:Android, Media Pembelajaran, GTAW Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android pada program keahlian Teknis Las di SMK PGRI 3 Malang dan (2)Menilai tingkat kelayakan (validasi) dari aplikasi berbasis Androidsebagai media pembelajaran pada mata pelajaran GTAW. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 7 langkah, yaitu: 1)potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) produksi terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Malang dengan subjek penelitian kelas XII program keahlian Teknik Las. Tahap pengujia validasi produk dilakukan oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi, serta pengujian pada siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah mengasilkan produk media pembelajaran aplikasi WTL-Tutor berbasis Android pada siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang program keahlian Teknik Las pada mata pelajaran GTAW. Peneliti menggunakan model penelitian Research and Development dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi. (2) Hasil validasimediapembelajarandari segi panilaianmedia oleh ahli mediaptermasukkedalam kategorinvalid (97%).Ditinjaudarisegimateri oleh ahli materi masukkedalamkategori valid (83%).Berdasarkan angketsiswa Program Keahlian Teknik Las kelasXII SMK PGRI 3 Malang pemakaian mediaoleh 31 siswa masuk dalam kategori valid (90%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82537

Actions (login required)

View Item View Item