Pengaruh blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa SMK / Sandi Kurniawan

Kurniawan, Sandi (2020) Pengaruh blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa SMK / Sandi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawan, S. 2019. Pengaruh Blended Learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Siswa SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Drs. Imam Sudjono, M.T. Kata Kunci: Blended Learning, STAD, Jigsaw, Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menyiapkan sebuah investasi pada bangsa yang siap untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan bidangnya. Tetapi pada pelaksanaannya, kesenjangan antara hasil pendidikan kejuruan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat terlihat dari tingkat pengetahuan dan penguasaan keterampilan lulusan SMK yang masih belum sepadan dengan tuntutan dunia kerja. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan siswa SMK dalam berfikirtingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) masih sangat rendah baik dalam konteks pembelajaran ataupun dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu maka dalam proses pembelajaran harus menggunakan model pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya secara pribadi menjadi lebih baik. Model pembelajaran yang baik harus didukung dengan teknologi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Teknologi yang berkembang saat ini adalah internet dan media sosial. Model blended learningSTAD dan jigsaw merupakan model pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat teknologi internet melalui gadgetuntuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana aktivitas belajar siswa saat diajar menggunakan blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw, (2) bagaimana aktivitas belajar siswa saat diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) adakah pengaruh blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsawmembuat 28% siswa sangat aktif, 28% siswa aktif, dan 44% siswa cukup aktif dalam proses pembelajaran, (2) penggunaan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran membuat membuat 24% siswa cukup aktif, 36% siswa kurang aktif, dan 40% siswa pasif dalam proses pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh blended learning Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw yang signifikan terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (sig p = 0,000 <&#945; = 0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82534

Actions (login required)

View Item View Item