Pengaruh implementasi blended learning dengan pendekatan problem based learning terhadap hasil belajar pekerjaan dasar teknik mesin kelas X TPM SMKN 3 Boyolangu / Waskita Sumandana Putra

Putra, Waskita Sumandana (2020) Pengaruh implementasi blended learning dengan pendekatan problem based learning terhadap hasil belajar pekerjaan dasar teknik mesin kelas X TPM SMKN 3 Boyolangu / Waskita Sumandana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra, Waskita Sumandana. 2019. Pengaruh Implementasi Blended Learning Dengan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X TPM SMKN 3 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M.Pd., (II) Drs. Wahono, M.Pd. Kata Kunci: Blended Learning dengan pendekatan Problem Based Learning, Hasil Belajar PembelajaranBlended Learningdengan pendekatan Problem Based Learning merupakan penggabungan metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan dengan bantuan internet. Blended learning atau pembelajaran dengan bantuan internet memudahkan siswa untuk mencari dan menemukan suatu permasalahan yang dihadapi.Whatsappmerupakan sarana untuk membantu siswa mengakses dan berkomunikasi antara siswa dengan siswa ataupun guru dengan siswa. Pembelajaran ini bertujuan untuk mendidik siswa lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan pembelajaran, tidak hanya kegiatan di dalam kelas melainkan siswa dapat mencari informasi di luar kelas dengan adanya bantuan whatsapp.Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan penelitian tentang pengaruh implementasi blended learning dengan pendekatan problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ekperimental semu (Quasi-Experimental Design) dengan bentuk desain posttest-only control design. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran blended learning dengan pendekatan problem based learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X TPM SMKN 3 Boyolangu Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan assignment random sampling, sehingga diperoleh kelas X TPM 1 sebagai kelas eksperimen dan X TPM 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik post-test untuk mengukur hasil belajar siswa serta dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menghasilkan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78, sedangkan nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 68. Hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model blended learning dengan pendekatan problem based learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah tanya jawab. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran blended learning dengan pendekatan problem based learning lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah tanya jawab. Kesimpulan tersebut dapat menjadi pertimbangan model blended learning dengan pendekatan problem based learningmenjadi alternatif guna melaksanakan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82532

Actions (login required)

View Item View Item