Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan partisipasi ekstrakurikuler terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 6 Malang / Andi Oktapian

Oktapian, Andi (2020) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan partisipasi ekstrakurikuler terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 6 Malang / Andi Oktapian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktapian, Andi. 2019. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Partisipasi Ekstrakulikuler Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Marsono, S.Pd.T, M.Pd., Ph.D., (2) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif, Partisipasi Esktrakulikuler, Kesiapan Berwirausaha. Mata pelajaran produktif merupakan mata pelajaran di sekolah menengah kejuruan agar siswa menguasai bidang yang dipilihnya untuk diterapkan pada saat bekerja di duni industri atau membuka usahanya sendiri. Sedangkan ekstrakulikuler bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa agar lebih siap saat terjun di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan partisipasi ekstrakulikuler terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 6 Malang Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII SMK Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan rumus Product Moment Correlation dan reliabilitas instrument mengunakan rumus Alpha Croncbach. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil belajar belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan berwirausaha dengan korelasi sebesar 0,739. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi ekstrakulikuler terhadap kesiapan berwirausaha dengan korelasi sebesar 1,197. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil belajar belajar mata pelajaran produktif dan partisipasi ekstrakulikuler terhadap kesiapan berwirausaha dengan korelasi sebesar 0,496.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82530

Actions (login required)

View Item View Item