Peningkatan kemandirian anak melalui pendekatan scientific di Kelompok A TK-SD Satu Atap SDN Mojolangu 5 Malang / Fitriah Puspita Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemandirian anak melalui pendekatan scientific di Kelompok A TK-SD Satu Atap SDN Mojolangu 5 Malang / Fitriah Puspita Ningtyas

Ningtyas, Fitriah Puspita (2015) Peningkatan kemandirian anak melalui pendekatan scientific di Kelompok A TK-SD Satu Atap SDN Mojolangu 5 Malang / Fitriah Puspita Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitaningtyas Fitriah. 2015. PeningkatanKemandirian Anak MelaluiPendekatan Scientific di Kelompok A TK-SD SatuAtap SDN Mojolangu 5 Malang.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Pramono S.Pd. M.Or Kata Kunci pedekatanscientific kemandirian anak kelompok A Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan adalah karena rendahnya kemandirian anak dalam hal menyelesaikantugasdari guru anakmasihmemerlukanbantuandari orang sekelililingnya. Hal ini disebabkan kurangtepatnya guru memilihmetodepembelajaran.Proses pembelajaranlebihseringmenggunakanbukudanmajalah sehinggaanakkurangtertarikdancepatbosan. Tujuan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatanscientific untuk meningkatkan kemandirian anak dalam mengerjakansendiritugasdari guru mengendalikanemosidengancara yang wajarsertabanggaterhadaphasilkaryanyaanak di kelompok A TK-SD SatuAtap SDN Mojolangu 5 Malang. (2) Mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemandiriananak dalammengerjakansendiritugasdari guru mengendalikanemosidengancara yang wajarsertabanggaterhadaphasilkaryanyaanak di kelompok A TK-SD SatuAtap SDN Mojolangu 5 Malang. Penelitianinimenggunakanrancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dilakukan dengan empat alur pokok yaitu (1) perencanaan (2)pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4)refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan anak lembar wawancara dan foto kegiatan anak selama pembelajaran berlangsung. Subyek penelitian adalah peserta didik kelompok A di TK-SD SatuAtap SDN Mojolangu 5 Malang pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 anak. Berdasarkanhasildaripenelitiantersebutdiperolehkesimpulansebagaiberikut (1) Kemandiriananak mengalami peningkatan (2) Anak semakin bersemangat mengikutisetiapkegiatan pembelajaran (3) Suasana di kelas menjadi kodusif. Hal ini terbukti dari hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan ketercapaian kelas pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 90% dengan persentase peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 40%.Peneliti berharap pendidik anak usia dini dapat menerapkan pendekatanscientificdalam usaha meningkatkan kemandiriananak. Diharapkan pula dapat mengembangkan pendekatanscientific untuk membantu anak menguasai kemampuan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8253

Actions (login required)

View Item View Item