Hubungan kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa dengan hasil praktik membubut pada siswa kelas XI TPM di SMK muhammadiyah 01 kepanjen malang / Kiemas Asyari

Asyari, Kiemas (2020) Hubungan kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa dengan hasil praktik membubut pada siswa kelas XI TPM di SMK muhammadiyah 01 kepanjen malang / Kiemas Asyari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asyari, Kiemas. 2019. Hubungan Kemandirian dan Kedisiplinan Kerja Siswa Dengan Hasil Praktik Membubut Pada Siswa Kelas XI TPM di SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M. Pd (II) Drs. Basuki, M. Pd Kata Kunci: kemandirian, kedisiplinan, hasil praktik membubut. Dalam praktik membubut siswa jurusan pemesinan masih ditemukan bahwa rendahnya kemandirian dan kedisiplinan siswa pada saat praktik, salah satunya yaitu masih terdapat beberapa siswa yang tidak menggunakan atribut praktik sebagai alat pelindung diri baik itu pelindung kepala, pelindung mata, pelindung tangan, dan pelindung kaki sesuai ketentuan yang berlaku. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa dengan hasil praktik membubut pada siswa kelas XI jurusan pemesinan. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen adalah kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa. Variabel dependen adalah hasil praktik membubut. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner. Uji statistik menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi ganda dengan &#945; &#8804; 0,05. Hasil uji statistik menggunakan uji korelasi Product Moment untuk hubungan kemandirian kerja dengan hasil praktik membubut dan hubungan kedisiplinan kerja dengan hasil praktik membubut diperoleh Pvalue sebesar 0,037 (0,037<0,05) dan sebesar 0,000 (0,000<0,05). Sedangkan pada uji korelasi ganda diperoleh Pvalue sebesar 0,000 (0,000<0,05) sehingga seluruhnya dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada hubungan antara kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa dengan hasil praktik membubut pada siswa kelas XI jurusan pemesinan. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini diharapkan bagi para guru agar memperhatikan tingkat kemandirian dan kedisiplinan kerja siswa khususnya bagi siswa jurusan pemesinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82528

Actions (login required)

View Item View Item