Pengaruh variasi arus pengelasan dan debit aliran gas pelindung terhadap kekuatan tarik stainless steel 304 pada proses las GTAW / Ahmad Saefudin

Saefudin, Ahmad (2020) Pengaruh variasi arus pengelasan dan debit aliran gas pelindung terhadap kekuatan tarik stainless steel 304 pada proses las GTAW / Ahmad Saefudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saefudin, Ahmad. 2019. Pengaruh Variasi Arus Pengelasan dan Debit Aliran Gas Pelindung Terhadap Kekuatan Tarik Stainless Steel 304 pada Proses Las Gtaw. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H.Abdul Qolik ,MM., M.Pd (2) Drs. Solichin , S.T., M.Kes Kata Kunci: Stainless Steel, GTAW, Kuat Tarik, Tungsten Inert Gas Hampir seluruh pengerjaan logam di era sekarang tidak terlepas dari yang namanya pengelasan. Berbagai standart-standart las yang telah ditemukan para peneliti terdahulu sangat memberikan kemudahan bagi peneliti muda saat ini. Seiring bertambahnya waktu makin banyak pula jenis material-material yang akan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan usahanya dibidang manufaktur. Sehingga dalam hal ini penelitian terkait pengelasan terus menerus dilakukan agar mendapatkan pengerjaan-pengerjaan sambungan lasan yang baik. Pengelasan GTAW adalah jenis las yang menggunakan bahan tungsten sebagai elektroda tidak terkonsumsi. Stainless steel merupakan baja tahan karat yang banyak digunakan masyarakat. Stainless steel mempunyai keunggulan yaitu tahan korosi, tahan terhadap oksidasi pada temperatur tinggi dan mempunyai hardenability yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kekuatan uji tarik dari spesimen yang telah mengalami berbagai perlakuan. Pada penelitian ini, perlakuan yang diberikan oleh peneliti adalah perlakuan variasi kuat arus dan debit aliran gas pelindung argon. Pengelasan dilakukan dengan metode GTAW pada bahan Stainless Steel 304 dengan bahan filler metal ER 308 yang menggunakan variasi arus 80 A, 90 A, 100 A dan debit aliran gas 8 L/min, 10 L/min kampuh V tunggal 60o. kemudian diuji menggunakan uji tarik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode two way ANOVA dengan bantuan software SPSS 24 for windows. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari pengujian kekuatan tarik, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan variasi kuat arus mempengaruhi kekuatan tarik stainless steel 304 dengan nilai signifikansi sebesar 0.032 yang lebih kecil dari nilai signifikansi (0,05 = 5%) pada 3 variasi arus dari 80 A, 90 A, 100A dan untuk debit aliran gas tidak terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan debit aliran gas pelindung mempengaruhi kekuatan tarik stainless steel 304 dengan nilai signifikansi sebesar 0.144 yang lebih besar dari nilai signifikansi (0,05 = 5%) pada variasi debit aliran gas pelindung 8 L/min dan 10 L/min.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82527

Actions (login required)

View Item View Item