Analisis variasi kecepatan geser pengelasan terhadap nilai kekerasan dan uji tarik pada las MIG otomatis / Rizal Cahyadiatma

Cahyadiatma, Rizal (2020) Analisis variasi kecepatan geser pengelasan terhadap nilai kekerasan dan uji tarik pada las MIG otomatis / Rizal Cahyadiatma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyadiatma, Rizal. 2019. Analisis Variasi Kecepatan Geser Pengelasan Terhadap Nilai Kekerasan dan Uji Tarik Pada Las MIG Otomatis. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin, S.T., M.Kes., (II) Duwi Leksono Edy, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kecepatan geser pengelasan, sifat mekanik, MIG Kecepatan geser elektroda merupakan salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam proses pengelasan. Kecepatan geser elektroda dapat mempengaruhi pemanasan pada material dan sambungan las. Dampak dari pemanasan tersebut mengakibatkan perubahan sifat mekanik khususnya kekuatan tarik dan kekerasan vickers. Kekuatan tarik merupakan kemampuan material untuk menahan beban secara statis atau dinamis dalam area global, sedangkan kekerasan merupakan kemampuan material untuk menerima beban secara statis atau dinamis di daerah permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai kekuatan tarik; dan (2) nilai kekerasan vickers. Proses pengelasan yang digunakan pada penelitian ini adalah pengelasan Metal Inert Gas (MIG) dimana dalam pengelasan ini menggunakan elektroda copper coated mig wire dengan seri AWS A5.18 ER70S-6 dengan kampuh V (α = 600, jarak root face 2 mm, dan jarak antar kampuh 2 mm). Rancangan penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain rancangan pre experimental design. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dimana data statistik diperoleh dari hasil pengujian sambungan las kemudian di deskripsikan. Penelitian ini menggunakan 3 variasi kecepatan geser eletroda yaitu kecepatan 3 mm/s, 5 mm/s dan 7 mm/s. Dari hasil analisis diperoleh bahwa variasi kecepatan geser elektroda mempengaruhi nilai kekuatan tarik dan kekerasan sambungan las. Hasil penelitian ini menghasilkan perbedaan nilai kekuatan tarik dan HVN pada kecepatan geser elektroda 3 mm/s, 5 mm/s dan 7 mm/s. Berdasarkan nilai rata–rata hasil pengujian tarik dan kekerasan vickers, kecepatan geser elektroda 3 mm/s menghasilkan nilai kekerasan vickers sebesar 136,7 HVN dan nilai kekuatan tarik sebesar 61,19 Kgf/mm2. Kecepatan geser elektroda 5 mm/s menghasilkan nilai kekerasan vickers sebesar 119,2 HVN dan nilai kekuatan tarik sebesar 60,62 Kgf/mm2.. Kecepatan geser elektroda 7 mm/s menghasilkan nilai kekerasan vickers sebesar 170,7 HVN dan nilai kekuatan tarik sebesar 54,96 Kgf/mm2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82526

Actions (login required)

View Item View Item