Pengembangan kartu peminjaman alat bengkel berbasis aplikasi personal computer pada bengkel praktikum Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Singosari / Awang Bagus Dewangga

Dewangga, Awang Bagus (2020) Pengembangan kartu peminjaman alat bengkel berbasis aplikasi personal computer pada bengkel praktikum Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Singosari / Awang Bagus Dewangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewangga, Awang Bagus, 2019, Pengembangan Kartu Peminjaman Alat Bengkel Berbasis Aplikasi Personal Computer Pada Bengkel Praktikum Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Singosari, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Imam Sudjono, M.T., (II) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Alat Bengkel, Aplikasi, Personal Computer Sekolah menengah kejuruan memiliki standar kompentesi lulusan agar penyelengara pendidikan melakukan kegiatan dengan baik sesuai aturan yang ada. Menguasai kompentensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana. Bengkel merupakan fasilitas yang sangat penting di SMK kelompok teknologi dan rekayasa program studi keahlian teknik pengelasan. Bengkel ini harus diupayakan memenuhi standar sarana dan prasarana agar tujuan SMK tercapai. Salah satu yang harus dipenuhi suatu bengkel untuk memenuhi standar sarana dan prasarana adalah bengkel harus memiliki kartu peminjaman alat bengkel. Kartu ini berfungsi untuk merekam distribusi peminjaman alat –alat bengkel yang digunakan untuk praktikum siswa di bengkel tersebut. Dengan adanya kartu peminjaman alat bengkel ini pengelolaan manajemen bengkel akan dipermudah dari sisi pemantauan kondisi alat bengkel yang dipakai siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah membuat kartu peminjaman alat bengkel berbasis aplikasi personal computer pada bengkel praktikum program keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Singosari, supaya mempermudah siswa dan laboran dalam proses peminajaman dan monitoring alat bengkel saat praktikum. Dengan dipermudahnya proses peminjaman dan monitoring alat bengkel maka otomatis kualitas proses belajar mengajar saat praktikum akan meningkat. Berdasarkan pengolahan data dan mengacu pada tabel kriteria tingkat validitas atau kelayakan, hasil uji coba lapangan dapat dianalisis sebagai berikut; Berdasarkan validasi ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, maka didapatkan hasil kelayakan sebesar 88,3% dari ahli materi, 89,8% dari uji coba kelompok kecil, dan 92% dari uji coba lapangan dan dinyatakan layak sehingga aplikasi kartu peminjaman berbasis personal computer ini layak digunakan dengan revisi mempertimbangkan poin – poin yang kurang bagus. Kemudian aplikasi kartu peminjaman ini akan digunakan untuk proses belajar mengajar praktikum pada bengkel praktikum program keahlian Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Singosari. Dari hasil analisis data dengan memperhatikan poin – poin pada setiap saran yang diberikan responden yang sudah diberikan, maka dikemukakan saran untuk aplikasi ini dapat dioperasikan secara online kemudian dapat digunakan oleh semua program keahlian tidak hanya teknik pengelasan saja tetapi untuk semua program keahlian dan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82523

Actions (login required)

View Item View Item