Pengembangan sistem inventory praktikum pemesinan berbasis web di Laboratorium Pemesinan Jurusan Teknik Mesin FT UM / Febri Eko Wijanarko

Wijanarko, Febri Eko (2020) Pengembangan sistem inventory praktikum pemesinan berbasis web di Laboratorium Pemesinan Jurusan Teknik Mesin FT UM / Febri Eko Wijanarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijanarko, Febri Eko. 2019. Pengembangan Sistem Inventory Praktikum Pemesinan Berbasis Web di Laboratorium Pemesinan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Sudjono, M.T., (II) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: sistem inventory, praktikum pemesinan, web Sistem inventory merupakan suatu kegiatan dalam proses pengelolaan data peralatan yang ada di sebuah laboratorium atau bengkel. Dengan menggunakan program online pada sistem inventory informasi mengenai persediaan peralatan, kondisi peralatan dan peminjaman peralatan dapat mudah dan lebih cepat disampaikan. Program sistem inventory berbasis web dapat menjamin keamanan data peralatan karena program ini dilengkapi dengan akses login menggunakan user id dan password. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat program sistem inventory praktikum pemesinan berbasis web yang dapat membantu laboran dan mahasiswa dalam proses peminjaman peralatan praktikum, serta mempermudah laboran dalam memonitoring dan mendata semua peralatan yang terdapat di laboratorium pemesinan. Dalam penelitian ini dilakukan validasi terhadap program yang telah dikembangkan dengan melibatkan dua para ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari program yang telah dikembangan sebelum nantinya di uji cobakan kepada mahasiswa jurusan teknik mesin. Berdasarkan data validasi dari ahli materi dan ahli media skor yang diperoleh adalah 85,9% dari ahli materi dan 99,2% dari ahli media. Terdapat beberapa saran dari validator yang bertujuan untuk membuat program yang telah dibuat menjadi lebih baik, yaitu penambahan kop institusi, penambahan tanda tangan laboran dan penambahan tanggal dokumen dicetak pada bagian export to document. Pada produk yang telah dibuat menunjukkan bahwa program sistem inventory berbasis web dapat dilanjutkan untuk di uji cobakan kepada mahasiswa jurusan teknik mesin khususnya mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan praktikum pemesinan. Hasil uji coba produk oleh responden terdapat dua aspek yang dinilai yaitu, aspek materi dan aspek media. Skor yang didapatkan dari aspek materi adalah 96,25% dan 96,125% diperoleh dari aspek media, sehingga skor total yang didapatkan dari uji coba ke mahasiswa jurusan teknik mesin adalah 96,18%. Berdasarkan butir instrumen pada angket yang telah dibuat hasil penilaian dari program sistem inventory berbasis web termasuk dalam tingkat valid sehingga program ini dikatakan untuk layak digunakan pada laboratorium pemesinan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82522

Actions (login required)

View Item View Item