Studi eksplanatori kecakapan abad 21 C4L (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity, and Literation) di SMK Negeri 6 Malang / Rega Sintya Devi

Devi, Rega Sintya (2020) Studi eksplanatori kecakapan abad 21 C4L (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity, and Literation) di SMK Negeri 6 Malang / Rega Sintya Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Devi, Rega Sintya. 2019. Studi Eksplanatori Kecakapan Abad 21 C4l (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity, And Literacy) di SMK Negeri 6 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sunomo, M.pd., (II) Drs. Maftuchin Romlie, M.Pd., Kata Kunci: komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, literasi, kecakapan abad 21, SMK. Otomatisasi yang terjadi seiring pesatnya perkembangan teknologi di era abad 21 membuat tugas manusia tergantikan oleh mesin. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat memiliki kecakapan pendamping yang mendukung selain keahlian bidang yang dimiliki. Salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan kecakapan pendamping pada diri peserta didik adalah dengan merevisi kurikulum 2013 dengan mewajibkan adanya implementasi kecakapan abad 21 yang terdiri dari kecakapan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas dan literasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana ketrlaksanaan kecakapan abad 21 di SMK Negeri 6 Kota Malang. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran di SMK Negeri 6 Kota Malang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi eksplanatori. Sumber data diambil dari informan yang memiliki kemampuan dan kesesuaian dengan kasus yang akan diteliti. Informan dalam penelitian ini meliputi Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Guru Mata Pelajaran PDTM serta empat orang peserta didik yang mengikuti pembelajaran mata pelajaran PDTM pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan diakhiri penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, maka dilakukan teknik triangulasi dalam penarikan kesimpulannya. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, perencanaan implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran dilakukan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mendukung implementasi kecakapan abad 21. Kedua, kecakapan abad 21 sudah terlaksana dan terimplementasi dengan baik dalam pembelajaran namun kecakapan literasi yang terlaksana masih belum optimal. Ketiga, adanya rubrik penilaian sikap dan juga penggunaan e-raport. Keempat, faktor yang menjadi pendukung dalam implementasi kecakapan abad 21 adalah adanya dukungan penuh dari pihak sekolah dan faktor penghambat yang mendasar yaitu perbedaan karakteristik dan kemampuan pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran. Alternatif solusi yang telah ditempuh untuk mengatasi hal itu adalah dengan pendekatan langsung oleh guru dengan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan pengadaan workshop rutin dengan materi sesuai dengan apa yang dibutuhkan guru oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82519

Actions (login required)

View Item View Item