Pengembangan lembar kerja kreatif berbasis android telegram pada materi las SMAW Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Choes Sugiarto Satria

Satria, Choes Sugiarto (2020) Pengembangan lembar kerja kreatif berbasis android telegram pada materi las SMAW Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Choes Sugiarto Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satria, Choes Sugiarto. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Kreatif Berbasis Android Telegram Pada Materi Las SMAW Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin , ST., M. Kes (II) Drs. Sunomo , M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Jobsheet, Pengelasan SMAW. Pengelasan SMAW adalah salah satu materi pengelasan yang sangat berkaitan erat denngan kehidupan sehari-hari. Sebagian besar dipergunakan untuk pembuatan kontruksi baik dalam rumah tangga maupun industri. Berdasarkan data yang diperoleh dari Jurusan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang jumlah keseluruhan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang masih aktif tercatat 83 mahasiswa, 50,60% berasal dari SMA, 40,40% dari SMK, dan hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Negeri Malang, sebagian besar mahasiswa berasal dari SMA dan tidak mengetahui tentang pengelasan, berbeda dengan mahasiswa lulusan dari SMK. Media pembelajaran ini dikembangkan secara khusus untuk digunakan oleh mahasiswa jurusan teknik mesin bisa dengan pembelajaran mandiri. Media ini dilengkapi dengan audio visual maupun materi dan lembar kerja yang telah diringkas sedimikian rupa sehingga mudah di pahami oleh mahasiswa. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: 1) Analisis; 2) Desain; 3) Development (pengembangan); 4) Implementasi; 5) Evaluasi. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan berbasis Aplikasi Android Telegram. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun oleh mahasiswa dan mempermudah dalam memahami pengelasan khususnya las SMAW bagi mahasiswa yang masih awam sekalipun dengan standart SNI dan AWS. Berdasarkan hasil uji dalam kelompok kecil dengan skala 1-4 dan jumblah responden 10 mahasiswa, dari segi materi maupun segi media pembelajaran berbantuan smartphone android, media ini memperoleh skor validitas 85,5% sesuai dengan kriteria valid. Berdasarkan data hasil uji coba lapangan pada 20 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri diperoleh hasil penilaian respon siswa sebesar 79,20% valid, sehingga media pembelajaran dapat dinyatakan layak dan tidak perlu revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82518

Actions (login required)

View Item View Item