Pengaruh unbalans impeller terhadap efisiensi dan lifetime mesin melalui vibration analyzer / Sandy Kasananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh unbalans impeller terhadap efisiensi dan lifetime mesin melalui vibration analyzer / Sandy Kasananta

Kasananta, Sandy (2019) Pengaruh unbalans impeller terhadap efisiensi dan lifetime mesin melalui vibration analyzer / Sandy Kasananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasananta Sandy. 2019. Pengaruh UnbalansImpellerterhadap Efisiensi dan LifetimeMesin melalui Vibration Analyzer. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ir. Djoko KustonoM.Pd. (2) Drs. Solichin S.T. M.Kes Kata Kunci Unbalans Impeller Efisiensi LifetimeMesin Vibration Analyzer. Kondisi suatu mesin dalam perindustrian harus selalu dipantau terutama pada mesin yang bekerja terus menerus tanpa henti. Getaran merupakan faktor utama yang sering digunakan untuk memaparkan kondisi dari suatu mesin secara keseluruhan baik itu lifetime mesin ataupun efisiensi mesin. Getaran tersebut dapat terdeteksi oleh alat vibration analyzer. Kerusakan yang sering terjadi pada mesin berputar adalah terjadinya ketidakseimbangan akibat kondisi impeller yang tidak stabil. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi unbalans impeller pada suatu mesin mainfan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengambilan data di PT. Kutai Timber Indonesia selama 4 bulan berturut turut yaitu 2 bulan pada saat mesin sedang mengalami kondisi unbalancedan 2 bulan setelah dilakukan balancing.Lifetimedihitung menggunakan data vibrasi dibandingkan dengan ISO 10816-3. Efisiensi dihitung dengan membandingkan ampere motor pada saat pemeriksaan dengan spesifikasi mesin mainfan 131 yang diteliti. Penelitian yang telah dilakukan ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya (1) pada pertama pemeriksaan nilai lifetime mesin 76 7% dengan efisiensi 64 36% dan menurun ke angka 69 4 % pada lifetime dengan efisiensi 45 95% pada pemeriksaan bulan ke 2. (2) Pada pemeriksaan bulan ketiga (bulan pertama setelah balancing) lifetimemesin meningkat pada angka 82 8% dengan efisiensi 88 89% dan pada bulan ke empat kembali mengalami penurunan ke angka 75 5% untuk lifetimedan 81 11% pada nilai efisiensinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82515

Actions (login required)

View Item View Item