Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah terhadap hasil belajar produktif dan dampaknya terhadap kesiapan kerja siswa SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian Teknik Pemesinan / Angga Predi Cahyono

Cahyono, Angga Predi (2019) Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah terhadap hasil belajar produktif dan dampaknya terhadap kesiapan kerja siswa SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian Teknik Pemesinan / Angga Predi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono, Angga. 2019. Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktik Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Produktif Dan Dampaknya Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Smkn 3 Boyolangu Program Keahlian Teknik Pemesinan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Abdul Qolik, M.M., M.Pd (II) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: pemanfaatan fasilitas praktik sekolah, hasil belajar produktif, kesiapan kerja. Misi utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk mempersiapkan siswa sebagai calon tenaga kerja yang memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Keberadaan SMK dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu kebutuhan tenaga kerja. Sehingga siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap professional dalam bidangnya. Salah satu indikator kesiapan kerja dapat diperoleh siswa berupa hasil belajar produktif dari pembelajaran formal yang dilengkapi fasilitas praktik yang memadai dan pemanfaatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMKN 3 Boyolangu program keahlian TPM. Penelitian ini dirancang dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK TPM kelas XI program keahlian TPM di SMKN 3 Boyolangu dengan jumlah 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data untuk pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah dan kesiapan kerja dilakukan dengan angket, sedangkan untuk variabel hasil belajar produktif dilakukan dengan dokumentasi nilai. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan model persamaan struktural. Sebelum melakukan analisis tersebut, maka perlu dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalur signifikan sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah terhadap hasil belajar produktif siswa SMKN 3 Boyolangu program keahlian TPM dengan kontribusi sebesar 24,7%; dan (2) Terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah dan hasil belajar produktif terhadap kesiapan kerja siswa SMKN Boyolangu program keahlian TPM dengan kontribusi sebesar 42,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82508

Actions (login required)

View Item View Item