Uji keberterimaan (acceptance) mesin bubut ditinjau dari kelurusan center dan meja untuk mesin bubut merk Annn yang dengan serial nomer RAW-B2-055G dan RAW-B2-056G di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Erlanda Rosi Hidayat

Hidayat, Erlanda Rosi (2019) Uji keberterimaan (acceptance) mesin bubut ditinjau dari kelurusan center dan meja untuk mesin bubut merk Annn yang dengan serial nomer RAW-B2-055G dan RAW-B2-056G di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Erlanda Rosi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayat, Erlanda Rosi. 2019. Uji Keberterimaan (Acceptance) Mesin Bubut Ditinjau dari Kelurusan Center dan Meja untuk Mesin Bubut Merk ANNN YANG dengan Serial Nomer RAW-B2-055G dan RAW-B2-056G di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahono,S.ST.,M.Pd (II) Drs. Imam Sudjono, M.T. Kata Kunci: Ketelitian geometri, mesin perkakas bubut, kedataran alas mesin bubut, kelurusan center. Penggunaan mesin bubut dalam waktu tertentu memungkinkan terjadinya penyimpangan dari standartnya. Mesin bubut yang telah menyimpang akan berpengaruh terhadap bahan hasil pembubutan. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyimpangan kelurusan pada center kepala tetap dengan kepala lepas serta kedataran alas mesin terhadap hasil pembubutan. Objek penelitian dari skripsi ini adalah mesin bubut ANNN YANG dengan serial nomor RAW-B2-055G dan RAW-B2-056G. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif/ eksperimental. Pengujian objek meliputi pengujian kelurusan antara center kepala lepas dengan center kepala tetap dan kedataran alas mesin. Spesimen pengujian kelurusan center menggunakan bahan St 37 yang akan dibubut dan di cek kerataannya menggunakan dial indicator, sedangkan untuk pengujian kedataran alas menggunakan water pass digital Digi-PAS DWL-200 dengan standar kedua pengujian menurut ISO 1708. Hasil penelitian menunjukkan nilai kedataran alas kedua mesin terjadi penyimpangan. Penyimpangan benda kerja ditinjau dari dimensi kelurusan untuk mesin bubut dengan serial nomor RAW-B2-055G cenderung cembung. Dimensi dari kelurusan untuk mesin bubut dengan serial nomor RAW-B2-056G cenderung cekung. Nilai Penyimpangan kedataran alas untuk mesin bubut merk ANNN YANG dengan serial nomor RAW-B2-055G sebesar 0,027 mm pada jarak pengukuran 300 mm, 0,025 mm pada jarak pengukuran 600 mm dan 0,0 mm/rata pada jarak pengukuran 900 mm. Untuk mesin bubut dengan serial nomor RAW-B2-056G sebesar 0,018 mm pada jarak pengukuran 300 mm, 0,014 mm pada jarak pengukuran 600 mm dan 0,00 mm/rata pada jarak pengukuran 900 mm. Penyimpangan kelurusan center dilihat dari visual langsung menunjukkan kedua mesin masih di bawah toleransi yang diijinkan menurut ISO 1708. Penyimpangan kelurusan alas meja kiri dan kanan dilihat dengan waterpass digital pada kedua mesin bubut menunjukkan adanya ketidakdataran. Penyimpangan benda kerja ditinjau dari dimensi kelurusan untuk mesin bubut serial nomor RAW-B2-055G cenderung cembung. Sedangkan dimensi kelurusan untuk mesin bubut serial nomor RAW-B2-055G cenderung cekung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82505

Actions (login required)

View Item View Item