Pengaruh budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap kinerja karyawan konstruksi di Kabupaten Tulungagung / Rizki Cahyo Jatmiko

Jatmiko, Rizki Cahyo (2019) Pengaruh budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap kinerja karyawan konstruksi di Kabupaten Tulungagung / Rizki Cahyo Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Jatmiko, R. Cahyo. 2018. Pengaruh Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Karyawan Konstruksi di Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M.Pd., (II) Drs. Solichin, M.kes. Kata kunci: Budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Kinerja karyawan, Proyek konstruksi, Kabupaten Tulungagung. Proyek adalah sekumpulan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai hasil akhir tertentu yang cukup penting bagi kepentingan pihak manajemen. Proyek tersebut salah satunya meliputi proyek konstruksi. Proses pembangunan proyek konstruksi pada umumnya merupakan kegiatan yang banyak mengandung unsur bahaya. Salah satu fokus perusahaan kontraktor adalah menciptakan kondisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik di proyek. Sedangkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk perilaku pekerja terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman karyawan tentang K3 dan menganalisa adakah pengaruh dari budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kinerja karyawan proyek tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan kontraktor yang tergabung pada asosiasi GABPEKSI di Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel yaitu 9 perusahaan dengan pembagian proporsional sehingga didapat 89 sampel karyawan.Hasil penelitian menunjukan 86,51% karyawan memiliki pemahaman yang tinggi tentang K3 dan sisanya 13,49% memiliki pemahaman yang cukup. Berdasarkan dari nilai t diketahui nilai thitung sebesar 11,654 > ttabel 1,987, sehingga dapat disimpilkan bahwa variable Budaya K3 (X) berpengaruh terhadap variable Kinerja Karyawan (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82498

Actions (login required)

View Item View Item