Pengembangan permainan sirkuit geometri pada pembelajaran kognitif di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus Kecamatan Donomulyo / Puput Restu Pengesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit geometri pada pembelajaran kognitif di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus Kecamatan Donomulyo / Puput Restu Pengesti

Pangesti, Puput Restu (2015) Pengembangan permainan sirkuit geometri pada pembelajaran kognitif di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus Kecamatan Donomulyo / Puput Restu Pengesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restu Puput Pangesti. 2015. Pengembangan Permainan Sirkuit Geometri Pada Pembelajaran Kognitif Anak Di Kelompok A Taman Kanak-kanak Gugus Kecamatan Donomulyo. Skripsi Jurusan kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S (2) Wuri Astuti S.Pd Kata Kunci kognitif membedakan bentuk geometri permainan sirkuit Kemampuan membedakan bentuk geometri dalampelaksanaan pembelajaran kognitif dengan mengenal dahulu bentuk geometri. Pada kenyataannyadari 34 anak diperoleh temuan minat anak pada pembelajaran kognitif berupa pengenalan geometri dengan kegiatan menyebutkan macam-macam bentuk geometri masih rendah (50%). Anak sudah belajar penambahan dan pengurangan bentuk geometri dengan menggambarkan hasil penjumlahan bentuk geometri tersebut. Pembelajaran tersebut dilaksanakan secara manual dengan guru menggambar bentuk geometri pada papan tulis. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah penelitian pengembangan ini memiliki tujuan mengembangkan permainan sirkuit geometri pada pembelajaran kognitifyang diharapkan menghasilkan permainan sirkuit geometri yang mudah menyenangkan dan aman bagi anak. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model (research and development) Borg Gall yang terdiri dari 10 langkah namun yang digunakan hanya langkah 1 7. Subjek penelitian uji coba kelompok kecil 6 anak dan uji coba lapangan (kelompok besar) 34 anak instrumen penelitian berupa angket serta teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli pembelajaran anak usia dini ahli kognitifanak ahli bermain dan permainan anak dan ahli fisik motorik anak terhadap permainan sirkuit geometri. Data validasi dari ahli pembelajaran anak usia dini mendapatkan rata-rata sebesar 75% data validasi dari ahli kognitif mendapatkan rata-rata sebesar 75% data validasi dari ahli bermain dan permainan mendapatkan rata-rata sebesar 81 6% serta data validasi dari ahli fisik motorik mendapatkan rata-rata sebesar 79 1%. Kesimpulan penelitian dan pengembangan Permainan Sirkuit Geometri adalah mudah aman dan menyenangkan untuk dilakukan oleh anak kelompok A. Terdapat saran pemanfaatan perlu mempertimbangkan situasi usia dan tingkat perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item