Pengembangan bermaoin sirkuit Kartu Angka dalam mengoptimalkan kognitif anak Kelompok A dio TK Dharma Wanita 05 Wajak Malang / Luluk Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bermaoin sirkuit Kartu Angka dalam mengoptimalkan kognitif anak Kelompok A dio TK Dharma Wanita 05 Wajak Malang / Luluk Arofah

Arofah, Luluk (2015) Pengembangan bermaoin sirkuit Kartu Angka dalam mengoptimalkan kognitif anak Kelompok A dio TK Dharma Wanita 05 Wajak Malang / Luluk Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arofah Luluk. 2015. Pengembangan Bermain Sirkuit Kartu Angka Dalam Mengoptimalkan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita 05 Wajak-Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Addul Huda M.Pd. (2) Suryadi S.Sn. Kata kunci Sirkuit kartu angka. Beberapa aspek perkembangan utama anak harus dikembangkan secara optimal pada usia dini adalah aspek nilai agama dan moral sosial emosional bahasa fisik motorik dan kognitif. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh temuan bahwa pada pembelajaran kognitif media yang digunakan masih terbatas oleh karena itu dikembangkan kegiatan bermain sirkuit kartu angka dalam mengoptimalkan kognitif anak. Terdiri 5 tahap dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapatkan dan dibuat. Subjek yang digunakan adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita 05 sebanyak 40 anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bermain sirkuit kartu angka yang dapat mengoptimalkan kognitif anak. Bermain sirkuit kartu angka ini diharapkan mudah dilakukan menyenangkan dan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat dilaksanakan di TK Dharma Wanita 05 Wajak-Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi 2) Melakukan perencanaan berupa penyusunan rancangan produk kegiatan bermain sirkuit kartu angka 3) Mengembangkan bentuk produk awal 4) Melakukan uji coba kelompok kecil 5) Melakukan revisi terhadap produk awal 6) Melakukan uji lapangan utama 7) Melakukan revisi produk. Instrumen data berupa angket teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase yang ditujukan kepada satu ahli materi pembelajaran satu ahli bermain dan permainan dan satu ahli kognitif. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan diperoleh persentase sebesar 77 5% dari ahli materi pembelajaran 82 5% dari ahli bermain dan permainan 82 5% dari ahli kognitif dengan hasil keseluruhan sebesar 80 83% sehingga masuk kategori sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi). Berdasarkan hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 97% anak mudah melakukan 100% anak senang dan 100% anak aman dalam melakukan kegiatan bermain sirkuit kartu angka. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media yang digunakan mudah menyenangkan dan tidak berbahaya untuk dilakukan anak. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak kelompok A di TK Dharma Wanita 05 dapat disajikan pada semua anak di TK Dharma Wanita 05 serta bisa digunakan di sekolah lain sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi pembelajaran kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item