Peningkatan kemampuan calistung melalui metode demonstrasi di kelompok B di RA Abdus Salam Bekacak Kolursari Bangil Pasuruan / Siti Aisyah Tavip - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan calistung melalui metode demonstrasi di kelompok B di RA Abdus Salam Bekacak Kolursari Bangil Pasuruan / Siti Aisyah Tavip

Tavip, Siti Aisyah (2015) Peningkatan kemampuan calistung melalui metode demonstrasi di kelompok B di RA Abdus Salam Bekacak Kolursari Bangil Pasuruan / Siti Aisyah Tavip. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tavip SitiAisyah. 2015. PeningkatanKemampuanCalistungmelaluimetodedemonstrasi di Kelompok B RA Abdus Salam BekacakKolursariBangilPasuruan.Program StudiJurusanPendidikanGuru PendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sutarno M.Pd (2) Drs. UsepKustiawan M.Sn. Kata Kunci MetodeDemonstrasi PeningkatanCalistungRA. Peningkatancalistungadalahupayadalammemenuhikebutuhanmasapekapertumbuhandanperkembangananakusiadini di Kelompok B RA Abdus Salam BekacakKolursariBangilPasuruanadalahsalahsatupendidikantingkat RAperluadanyapeningkatandalampembelajarancalistungkarenaselalumemakaibukuteksdanpanduandarisekolah. Dalampenelitianinibertujuan (1)Mendeskripsikanpenerapanmetodedemonstrasidalampeningkatankemampuancalistung di Kelompok B RA Abdus Salam BekacakKolursariBangilPasuruan (2)Mendeskripsikankemampuancalistungmelaluimetodedemonstrasidi Kelompok B RA Abdus Salam BekacakKolursariBangilPasuruan. Penelitianinidilaksanakanmelaluipenelitiantindakankelas(PTK) yang dikembangkanolehKemmisdanTaggart yang terdiridari (1) Tahapanperencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksimenggunakansubyek 19 anakdenganlangkah-langkah (a) Guru menyampaikankompentesidangambaransekilasmateri yang akandisampaikan(b) Menyiapkanbahanataualat yang di perlukan (c) Menunjuksalahseorangsiswauntukmendemontrasikan (d)Tiapsiswamengemumukakanhasilanalisanya (e) Guru membuatkesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutantara lain (1) Selamapembelajarandenganmenggunakanmetodedemonstrasiberjalansangatlancardanhasilnyasangatmemuaskan (2) Ketergantunganguru padabukutekssangatberkurang (3) Pembelajaranlebihterpusatpadasiswadanlebihbersifatkonstruktivistik (4) Situasipendidikanlebihkondusif. Penerapanmetodedemonstrasidapatmeningkatkankemampuancalistunganakkhususnya di kelompok B RA Abdus Salam Bekacak-KolursariBangil-Pasuruan (1) Guru disarankan agar guru di kelompok B hendaknyadalampembelajaranmenggunakanmetodedemonstrasidalammeningkatkankemampuancalistunganak. (2) Bagisekolah yang inginmeningkatkanpembelajarancalistunganak di Kelompok B hendaknyaharusadaperubahanpenilaiankearah yang lebihkomprehensif makadisarankanmenggunakanmetodedemonstrasi.(3) Peneliti Keterbatasanpenilaianini yang diterapkan di tengah-tengahsistempembelajaran disarankanbagipenelitilanjutcobatelitilagiimplementasimetodedemonstrasi di tengah-tengahsekolah yang secarasistematikmengimplementasikanpembelajarandemonstrasisecarapenuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item