Penggunaan media "kaleng baca" untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang / Yuyun Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media "kaleng baca" untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang / Yuyun Wahyuni

Wahyuni, Yuyun (2015) Penggunaan media "kaleng baca" untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang / Yuyun Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Yuyun. 2015. Penggunaan Media Kaleng Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. Kata Kunci media Kaleng Baca kemampuan keaksaraan Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan adalah karena rendahnya kemampuan keaksaraan anak. Hal ini disebabkan belum tersedianya media dan sumber belajar yang tepat dan dapat menarik minat dan perhatian anak terhadap kegiatan pembelajaran keaksaraan. Metode pembelajaran yang lebih mengutamakan hafalan materi sehingga anak merasa cepat bosan dan kurang konsentrasi.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Kaleng Baca dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak Kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan keaksaraan anak setelah penggunaan media Kaleng Baca . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan anak dan foto dokumentasi kegiatan anak selama pembelajaran berlangsung. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah sebanyak 18 anak. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media Kaleng Baca dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Setelah menggunakan media Kaleng Baca dalam pembelajaran kemampuan keaksaraan anak mengalami peningkatan yang baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan pencapaian kemampuan keaksaraan anak pada siklus I sebesar 34% dan pada siklus II sebesar 83% dengan peningkatan persentase pencapaian perkembangan kelas dari siklus I hingga siklus II sebesar 49%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Kaleng Baca haruslah diiringi dengan penerapan metode pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak. Penggunaan media Kaleng Baca dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak Kelompok B di TK Satu Atap SDN Ciptomulyo 2 Malang. Melihat keberhasilan ini maka disarankan agar para guru dapat menggunakan media Kaleng Baca ini untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item