Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media permainan kartu huruf pada anak Kelom,pok B TK Dharma Wanita Desa Gebang Pakel Kabupaten Tulungagung / Desy Erma Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media permainan kartu huruf pada anak Kelom,pok B TK Dharma Wanita Desa Gebang Pakel Kabupaten Tulungagung / Desy Erma Saputri

Saputri, Desy Erma (2015) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media permainan kartu huruf pada anak Kelom,pok B TK Dharma Wanita Desa Gebang Pakel Kabupaten Tulungagung / Desy Erma Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Desy Erma. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Desa Gebang Pakel Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Drs. Hadi Mustofa M.Pd Kata Kunci kemampuan membaca permulaan anak permainan kartu huruf. Kegiatan belajar anak baik di sekolah maupun dirumah tidakmlepas dari aspek bahasa terutama membaca permulaan untuk persiapan masuk ke sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan pembelajaran sehari-hari yang dilakukan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung ditemukan bahwa 8 anak dari 23 anak yang mampu melakukan 3-5 perintah secara berurutan membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana dan anak masih belum bisa membaca karena anak melihat huruf- huruf tersebut hampir sama sehingga mempersulit kosa kata bahasa anak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pemanfaatan media permainan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung dan (2) apakah penerapan pemanfaatan media permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Gebang Pakel sebanyak 23 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak lembar penilaian kemampuan membaca permulaan anak. Analisis data penelitian yang dipakai adalah reduksi data perhitungan persentase anak dan kelompok menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan permainan sirkuit tebak rasa dilakukan guru dan anak dengan sangat baik. Hal ini diketahui dari hasil penelitian aktivitas guru yang selalu mencapai 100% dan aktivitas anak sebesar 85 75 (sangat baik) dan (2) terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak. Hal ini diketahui dari hasil penelitian kemampuan membaca permulaan anak pada siklus I sebesar 50 02% (kurang). Pada siklus II kemampuan membaca permulaan anak 85 75% (sangat baik) dengan ketuntasan sebesar 100% (sangat baik). Sehingga disimpulkan bahwa dengan permainan kartu huruf berhasil. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu huruf yang dilakukan guru dan anak dengan sangat baik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B yang sangat baik pula. Disarankan pada guru kelompok B untuk menggunakan permainan kartu huruf ini sebagai upaya mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item