Pola asuh orang tua dan kemandirian anak (studi kasus pada ananda dan dinda di TK Permatan Iman 3 Malang) / Rini Suharti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orang tua dan kemandirian anak (studi kasus pada ananda dan dinda di TK Permatan Iman 3 Malang) / Rini Suharti

Suharti, Rini (2015) Pola asuh orang tua dan kemandirian anak (studi kasus pada ananda dan dinda di TK Permatan Iman 3 Malang) / Rini Suharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suharti Rini. 2015. Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak (Studi Kasus Pada Ananda Dan Adinda di TK Permata Iman 3 Malang). Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. Kata Kunci anak usia dini pola asuh kemandirian Ada gejala anak-anak mengalami keterlambatan kemandirian. Keterlambatan kemandirian diduga ada kaitanya dengan penerapan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan pola asuh orangtua Ananda (2) mendeskripsikan kemandirian Ananda (3) mendeskripsikan pola asuh orangtua Adinda dan (4) mendeskripsikan kemandirian Adinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek/sasaran penelitian ini adalah pola asuh orangtua Ananda kemandirian Ananda pola asuh orangtua Adinda dan kemandirian Adinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi member chek dan peer debreefing. Kegiatan analisis data dimulai dengan pemaparan data mereduksi data mengkategorisasi data dan interpretasi data. Hasil penelitian menyimpulkan Pertama Pola asuh dari orangtua Ananda lebih condong kearah pola asuh permissive-indifferent atau kurang memperhatikan perkembangan anak dikarenakan orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaannya hal ini sangat mempengaruhi perkembangan kemandirian Ananda. Kedua kemandirian Ananda masih sangat kurang dalam hal kemampuan berinteraksi dengan oranglain tidak bergantung pada orang lain bertanggung jawab punya rasa percaya diri maupun kemampuan dalam memecahkan masalah. Ketiga pola asuh orangtua Adinda lebih kearah pola asuh permissive-indulgen atau yang terlalu lemah dan memanjakan anak hal ini juga berpengaruh sekali dalam perkembangan kemandirian Adinda. Keempat kemandirian Adinda masih sangat kurang dalam hal kemampuan dalam mengendalikan emosi bertanggung jawab berinteraksi dengan orang lain tidak bergantung pada orang lain mempunyai rasa percaya diri serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Pola asuh kedua orangtua Ananda dan Adinda sangat berpengaruh terhadap kemandirian dari Ananda dan Adinda sehingga kedua anak tersebut mengalami keterlambatan dalam perkembangan kemandirian. Disarankan bagi para Orangtua hendaknya mencari tahu mengenai pola asuh yang tepat untuk anaknya. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang signifikan. Apabila sudah terlanjur melaksanakan pola asuh yang kurang baik maka hendaknya mengganti pola asuh dengan yang lebih baik. Bagi guru Hendaknya guru membantu dalam meningkatkan kemandirian Ananda dan Adinda yang telah terdeteksi mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Sehingga anak bisa mencapai tingkat kemandiriannya setara dengan anak-anak lain pada umumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8234

Actions (login required)

View Item View Item