Pengembangan media manik-manik hitung untuk pengenalan pada anak kelompok A / Kartika Ananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media manik-manik hitung untuk pengenalan pada anak kelompok A / Kartika Ananda

Ananda, Kartika (2015) Pengembangan media manik-manik hitung untuk pengenalan pada anak kelompok A / Kartika Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ananda Kartika. 2015. Pengembangan Media Manik-manik Hitung untuk Pengenalan Bilangan pada Anak Kelompok A. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum (II) Suryadi S.Sn. Kata kunci Pengembangan media manik-manik hitung pengenalan bilangan Tujuan dari penelitian pengembangan media manik-manik hitung ini adalah menghasilkan media manik-manik hitung dalam pengenalan bilangan untuk anak kelompok A yang didesain secara sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak kelompok A sehingga dapat meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal bilangan 1 sampai dengan 10. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Dick Carey (1978 9) dengan menggunakan 9 langkah dari 10 langkah penelitian yang dipaparkan. Prosedur pengembangan media manik-manik hitung yang mengacu pada model Dick Carey dalam penelitian ini meliputi 1) analisis kebutuhan dan tujuan 2) analisispembelajaran 3) analisis pembelajar 4) merumuskan tujuan pembelajaran 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan ajar 8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif 9) melakukan revisi 10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk media manik-manik hitung dengan kriteria keberhasilan sebagai berikut (1) 89 48% media manik-manik hitung efektif dalam pengenalan bilangan (2) 96 65% media manik-manik hitung efisien digunakan (3) 87 85% media manik-manik hitung menarik perhatian anak dan (4) 88 75% media manik-manik hitung valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan media media manik-manik hitung disimpulkan bahwa media ini dapat digunakan untuk pengenalan bilangan pada anak kelompok A serta efektif efesien dan menyenangkan. Disarankan kepada guru agar menggunakan media manik-manik hitung dalam pengenalan bilangan pada anak kelompok A dan disarankan kepada pengembang lebih lanjut untuk mengembangkan media pembelajaran serupa yang dapat disosialisasikan lebih luas ke sekolah-sekolah dan lembaga terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8233

Actions (login required)

View Item View Item