Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit "temukan aku" pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar / Dwi Alfitasari

Alfitasari, Dwi (2015) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit "temukan aku" pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar / Dwi Alfitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfitasari, Dwi. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Lilik Bintartik, M. Pd, (II) Wuri Astuti, S. Pd. Kata Kunci: anak kelompok B, kemampuan motorik kasar, permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar, diketahui bahwa kemampuan motorik kasar anak dalam hal kecepatan, kelentukan, kelincahan, keseimbangan dan ketepatan masih belum mencapai optimal seperti yang diharapkan. Hal ini diperkuat dengan 10 anak (83,3%) dari 12 anak hanya diam tidak mau mengikuti aktivitas senam, berbicara dengan temannya dan bermain sendiri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ untuk meningkatkan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar, (2) Mendeskripsikan permainan sirkuit Temukan AkuÔÇØ dapat meningkatkan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar dengan jumlah 12 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi foto. Analisis data penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ dapat dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan anak. Hal ini diketahui dari aktivitas guru yang selalu mencapai persentase 100%(sangat baik) dan aktivitas anak dengan persentase 91,65%(sangat baik). Persentase kemampuan motorik kasar meningkat dari pra tindakan 57,5% (Cukup), menjadi 60,4% (Cukup) di siklus I dan menjadi 86,7% (Baik) di siklus II. Persentase ketuntasan kelas pada kemampuan motorik kasar anak meningkat dari pra tindakan 16,7% (Kurang) menjadi 33,3%(Kurang) di siklus I dan menjadi 95,8%(Sangat Baik) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Ponggok Kabupaten Blitar. Disarankan bagi guru agar permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan permainan sirkuit ÔÇ£Temukan AkuÔÇØ dengan menggunakan media yang lebih bervariasi, dan menambah inovasi baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8232

Actions (login required)

View Item View Item