Pengembangan bahan ajar interaktif materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) berbasis e-pub untuk siswa kelas X PTM di SMK Nasional Malang / Supyan Hadiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) berbasis e-pub untuk siswa kelas X PTM di SMK Nasional Malang / Supyan Hadiyanto

Hadiyanto, Supyan (2016) Pengembangan bahan ajar interaktif materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) berbasis e-pub untuk siswa kelas X PTM di SMK Nasional Malang / Supyan Hadiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadiyanto Supyan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Berbasis E-Pub Untuk Siswa Kelas X TPM Di SMK Nasional Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Solichin S.T. M.Kes. (II) Dr. Widiyanti M.Pd. Kata kunci Bahan Ajar Electronic-Publication (E-Pub) Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Jurusan Teknik Pemesinan sangat erat dengan keselamatan dan kesehatan kerja bila mengacu pada silabus mata pelajaran teknologi mekanik yang diberikan kepada siswa kelas X Teknik Pemesinan ada 9 materi pokok yang harus ditempuh salah satunya adalah keselamatan kesehatan kerja (K3). Lewat pengamatan observasi langsung penulis mendapatkan banyak fakta bahwa minat belajar siswa tentang K3 di SMK Nasional Malang masih kurang ditambah media bahan ajar yang dipergunakan masih terbatas. Sehingga pengembangan bahan ajar baru diharapkan dapat membantu memotivasi dan mempermudah siswa dalam belajar. Tujuan khusus penelitian dan pengembangan ini adalah membuat bahan ajar interaktif yang yang berbasis E-Pub. Metode penelitian dalam menyusun bahan ajar E-Pub menggunakan model pengembangan 4D Pranata yang telah disempurnakan menjadi 5D yaitu (1) Define latar belakang (2) Data berupa kajian teori yang mendukung penelitian (3) Design perancangan materi dan media bahan ajar (4) Develop pengembangan uji coba kelayakan media (5) Disseminate publikasi bahan ajar yang telah melewati tahap kelayakan. Validasi materi dan media dilakukan dengan rancangan deskriptif kualitatif sedangkan untuk uji coba lapangan kelompok kecil dua kali proses tahapan (4 responden siswa) dan kelompok besar satu kali proses tahapan (kelas X TPM 1) menggunakan rancangan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut untuk uji coba kelompok kecil tahap satu dalam instrumen (kemudahan akses) mendapat persentase 43 75% yang artinya instrumen indikator harus diperbaiki. Hasil uji coba kelompok kecil tahap dua menghasilkan persentase rata rata 9 instrumen indikator kelayakan produk sebesar 84 05% dan uji coba kelompok besar sekitar 84 30%. Kajian bahan ajar yang diperoleh dari uji coba lapangan mendapatkan berberapa kesimpulan yaitu kelebihan bahan ajar E-pub yang menarik perhatian siswa dan mempermudah siswa dalam belajar mandiri. Kajian kedua mengulas tentang keterbatasan bahan ajar E-Pub dimana Electronic Publication (E-Pub) dapat dioperasikan pada smarthphone android yang mempunyai operasi minimal versi Kitkat. 4.4.2 Random Acces Memory (RAM) 768 MB dan lebar layar 4 7 inch. Saran pengembangan produk lebih lanjut pada bahan ajar E-Pub dapat dipadukan dengan model/strategi pembelajaran agar mendapatkan produk yang memiliki ciri khas serta bisa dikembangkan dengan penelitian eksperimen/pengaruh terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82314

Actions (login required)

View Item View Item