Peningkatan kemampuan kognitif tentang konsep bilangan melalui permainan "karpet angka" pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina / Lia Dwi Apriliani

Apriliani, Lia Dwi (2015) Peningkatan kemampuan kognitif tentang konsep bilangan melalui permainan "karpet angka" pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina / Lia Dwi Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliani, Lia Dwi. 2015. Peningkatan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Bilangan Melalui Permainan Karpet Angka Pada Anak Kelompok A Di Tk Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Lilik Bintartik, M. Pd, (II) Wuri Astuti, S. Pd. Kata Kunci: kemampuan kognitif, permainan ÔÇ£Katpet AngkaÔÇØ, kelompok A. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan menerima dan mengolah informasi. Salah satu konsep kemampuan kognitif pada anak usia 3-5 tahun adalah mengenal bilangan. Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Blitar, diketahui bahwa kemampuan mengenal bilangan masih belum optimal seperti yang diharapkan. Hal ini diperkuat 89,4% atau 17 dari 19 anak masih belum menguasai konsep bilangan yang meliputi indikator (1) membilang dengan menunjuk benda 1-10, (2) menyebut urutan 1-10, (3) menghubungkan lambang bilangan dengan benda 1-10. Tujuan penelitian ini: 1) mediskripsikan penerapan Permainan ÔÇ£Karpet AngkaÔÇØ untuk meningkatkan kognitif tentang konsep bilangan, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar dengan menggunakan permainan ÔÇ£Karpet AngkaÔÇØ. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi dan dokumentasi foto. Pengumpulan data digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian meliputi langkah reduksi data, penyajian data dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ÔÇØKarpet AngkaÔÇØ dilaksanakan sangat baik oleh guru dan anak dengan langkah-langkahnya anak mengabil flash card bergambar, kemudian menghitung jumlah gambar. Setelah itu anak berjalan urut 1-10 pada ÔÇ£Karpet AngkaÔÇØ sambil menempelkan flash card tersebut sesuai dengan lambang bilangan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan pada pratindakan mencapai rata-rata 5,73 dan persentase 10,5% dengan kriteria kurang baik, siklus I mencapai rata-rata 58,7 dan persentase 58,7% dengan kriteria baik dan siklus II mencapai rata-rata 80 dan persentase 80%dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan permainan karpet angka yang dilakukan guru dan anak dengan sangat baik dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A dengan dapat baik pula. Disarankan pada guru kelompok A untuk menggunakan permainan ÔÇ£Karpet AngkaÔÇØ ini, sebagai upaya mengembangkan kemampuan kognitif yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item View Item