Peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui cubes game di TK Al-Hidayah 1 Kerjen Kabupaten Blitar / Dwi Atikha Widyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui cubes game di TK Al-Hidayah 1 Kerjen Kabupaten Blitar / Dwi Atikha Widyanti

Widyanti, Dwi Atikha (2015) Peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui cubes game di TK Al-Hidayah 1 Kerjen Kabupaten Blitar / Dwi Atikha Widyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyanti Dwi Atikha.2015. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Melalui Cubes Game di TK AL-Hidayah Kerjen 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Malang. Pembmbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (2) Retno Tri Wulandari S.Pd M Pd Kata Kunci Kemampuan Kognitif Cubes Game Anak Kelompok B Pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kerjen 01 Srengat Kabupaten Blitar kurang optimal. Hanya 33 33% anak yang kemampuannya berkembang sesuai harapan adapun yang menjadi penyebabnya yaitu penggunaan media pembelajaran kurang menarik kegiatan pembelajaran menggunakan media kurang bervariasi dan tidak sesuai dengan tema sehingga pembelajaran anak kurang optimal. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan Cubes games untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B dan (2) mendeskripsikan Cubes games dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B di TK Al-Hidayah Kerjen 01 Kabupaten Blitar Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tiap siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B pada TK Al-Hidayah Kerjen 01 Srengat Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi Dokumentasi catatan lapangan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Cubes Game kemampuan kognitif anak kelompok B meningkat hal ini dibuktikan pada pratindakan ketuntasan belajar anak sebesar 33 33% dengan kriteria sagat kurang dan mengalami penigkatan pada siklus II menjadi sebesar 87 5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan penerapan Cubes Game dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al-Hidayah 1 Kerjen Srengat Kabupaten Blitar. Saran yang dikemukakan yaitu sekolah diharapkan menyediakan media pembelajaran yang sesuai dan buku-buku selain referensi dan lembar kerja yang ada serta media pembelajaran yang menarik bagi anak dan guru dapat menggunakan Cubes Game dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan kogitif anak secara menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8229

Actions (login required)

View Item View Item