Penggunaan media monopoli berkata untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang / Tanti Yulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media monopoli berkata untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang / Tanti Yulita

Yulita, Tanti (2015) Penggunaan media monopoli berkata untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang / Tanti Yulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulita Tanti 2014. Penggunaan Media Monopoli Berkata Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Retno Tri W S.Pd M.Pd Kata kunci kemampuan bahasa media monopoli berkata TK Media monopoliberkataadalah media permainan yang digunakandalamkegiatanpembelajaranuntukmengembangkankemampuanbahasaanak.khususnya indikator (B.11) membedakan/menyebutkan kata-kata yang memiliki suku kata awal dan akhir yang sama (B.12) menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya dan (B.24) menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal di lingkungan sekitar. Dari analisishasilpembelajarankemampuanbahasapadatematanamandanbinatangsemester I ditemukan hanya 7 anak yang mampu mencapai KKM. Hal itu disebabkan kurang bervariasinya media yang digunakan lembar kegiatan anak/majalah aktivitas menjadi sumber belajar nomor satu dan media lain yang sifatnya masih sederhana dan jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media monopoli berkata untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak pada Kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan bahasa anak pada Kelompok B TK-SDN Satu Atap Merjosari 5 Malang dengan menggunakan media monopoli berkata. PTKini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah kelompok B berjumlah 18 anak. Peneliti bertindak sebagai observer dibantu guru kelas kelompok B yang melaksanakan kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Pelaksanaan penggunaan media monopoli berkata dimulaidengan menyediakan seperangkat media monopoli berkata membacakan aturan permainan dan anak-anak langsung memainkan media monopoli berkata. Penggunaan media monopoli berkata dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B terutama padaindikatorB.11 meningkat dari 71 3% menjadi 77 9% B.12 dari 66 3% menjadi 75 9%danB.24 meningkat dari 82 15% menjadi 91 5%. Secara garis besar peningkatan kemampuan bahasa dari siklus I sebesar 73 25% menjadi 81 8% pada siklus II Penggunaan media monopoliberkatainitelahberhasilmembantumeningkatkankemampuanbahasaanak.Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk melakukan pembelajaran bahasa melalui penggunaan media monopoli berkata. Kegiatan ini sebaiknya dikemas secara menarik bervariasi dan inovasi agar lebih menyenangkan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item