Peningkatan kreativitas melalui permainan Sandiwara Boneka pada anak Kelompok B di TK Siwi Pertiwi Malang / Dian Eva Christianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas melalui permainan Sandiwara Boneka pada anak Kelompok B di TK Siwi Pertiwi Malang / Dian Eva Christianingrum

Christianingrum, Dian Eva (2015) Peningkatan kreativitas melalui permainan Sandiwara Boneka pada anak Kelompok B di TK Siwi Pertiwi Malang / Dian Eva Christianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Christianingrum Eva Dian. 2015. Peningkatan Kreativitas Melalui Permainan Sandiwara Boneka Pada Anak Kelompok B Di TK Siwi Pertiwi Kota Malang. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Guru PAUD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata kunci permainan sandiwara boneka kreativitas anak kelompok B Anak kelompok B TK Siwi pertiwi mempunyai kemampuan kreativitas yang masih belum terstimulasi. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi pada anak kelompok B di TK Siwi Pertiwi Kota Malang ditemukan bahwa kreativitas anak belum maksimal dari 30 anak terdapat 21 anak yang belum mampu dalam hal berpikir luwes berpikir orisinal berpikir terperinci rasa ingin tahu ketersediaan menjawab keterbukaan percaya diri dan berani mengambil resiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Pelaksanaan permainan sandiwara boneka dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Siwi Pertiwi Kota Malang 2) Peningkatan kreativitas anak melalui permainan sandiwara boneka pada anak kelompok B TK Siwi Pertiwi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dengan menggunakan model siklus Kemmis Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan sandiwara boneka di TK Siwi Pertiwi Kota Malang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan kreativitas anak kelompok B di TK Siwi Pertiwi Kota Malang. Siklus I kemampuan kreativitas anak masih terdapat kelemahan anak masih memerlukan stimulus untuk mau bercerita sehingga mempersulit anak dalam kegiatan permainan sandiwara boneka. Selanjutnya pada siklus II dilakukan pengoptimalan proses pembelajaran pada kemampuan kreativitas anak juga mengalami peningkatan anak sudah mau bercerita sendiri dan lebih berani mengeksplorasi diri sendiri. Data persentase ketuntasan belajar anak dari siklus I dan II menunjukkan pada siklus I kemampuan kreativitas persentase anak tuntas mencapai 59% dan persentase anak tuntas meningkat menjadi 90% pada siklus II. Pada siklus I ke siklus II pada kemampuan kreativitas anak persentase anak tuntas mengalami peningkatan yaitu 31%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan sandiwara boneka dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B di TK Siwi Pertiwi Malang. Adapun saran yang dikemukakan peneliti adalah 1) bagi sekolah penelitian ini dapat menjadi panduan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Taman Kanak-kanak 2) bagi guru penelitian ini mampu menjadi inspirasi untuk lebih inovatif dalam meningkatkan kreativitas anak 3) bagi peneliti selanjutnya peneliti selanjutnya dapat lebih mengembangkan kemampuan kreativitas anak melalui media yang lebih menarik dan lebih kreatif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item View Item