Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok A melalui bermain Bubur Koran di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo / Primintiyan Sandy Metasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok A melalui bermain Bubur Koran di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo / Primintiyan Sandy Metasari

Metasari, Primintiyan Sandy (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok A melalui bermain Bubur Koran di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo / Primintiyan Sandy Metasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metasari Pimintiyan Sandy.2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Bermain Bubur Koran di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (2) Suryadi S.Sn. Kata Kunci motorik Halus bermain bubur koran kelompok A Kemampuan motorik halus adalah salah satu aspek perkembangan yang mengembangkan kemampuan gerakan anak yang mengkoordinasikan bagian tangan dan mata. Pada observasi awal ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) dari 17 anak di kelompok A terdapat 14 (80%) anak yang kemampuan motorik halusnya masih rendah (2) anak belum terampil dalam mengkoordinasi gerak jari-jari tangan dalam kegiatan menyobek mencetak mewarnai melipat kertas memegang pensil dan media lainnya. Oleh karena itu peneliti memilih kegiatan bermain bubur koran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan bermain bubur koran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo dengan menerapkan kegiatan bermain bubur koran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kemampuan motorik halus dan lembar wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan bermain bubur koran berlangsung dengan baik malalui langkah-langkah sebagai berikut (1) menyobek koran (2) mencetak (3) mewarnai (4) permainan warna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain bubur koran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK PKK Srikandi Bantaran Probolinggo. Rata-rata skor kemampuan awal anak yaitu 61 02 dengan persentase tingkat keberhasilan klasikal mencapai 17 64%. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak memperoleh skor rata rata 74 03 dengan persentase tingkat keberhasilan klasikal mencapai 58 81%. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak memperoleh skor rata-rata 89 70 dengan persentase tingkat keberhasilan klasikal mencapai 88 23%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan bermain bubur koran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item