Pengembangan permainan Dadu Huruf pada kemampuan membaca berbasa anak Kelompok A di Radudhatul Athfal / Nuryanti Musdalifatus Syamsiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan Dadu Huruf pada kemampuan membaca berbasa anak Kelompok A di Radudhatul Athfal / Nuryanti Musdalifatus Syamsiyah

Syamsiyah, Nuryanti Musdalifatus (2015) Pengembangan permainan Dadu Huruf pada kemampuan membaca berbasa anak Kelompok A di Radudhatul Athfal / Nuryanti Musdalifatus Syamsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syamsiyah Nuryanti Musdalifatus. 2015. Pengembangan Permainan Dadu Huruf Pada Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S (2) Muh. Arafik S.Pd M.Pd. Kata kunci pengembangan permainan dadu huruf kemampuan berbahasa Permainan dadu huruf merupakan salah satu aktivitas bermain khususnya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Permainan dilakukan dengan cara menyusun dadu huruf menjadi kata sesuai dengan gambar yang ditempel pada papan tulis. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh temuan bahwa belum pernah dikembangkan permainan dadu huruf di RA Muslimat NU 25 Malang. Berkaitan dengan itu maka perlu diupayakan aktivitas bermain menggunakan permainan dadu huruf. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan permainan dadu huruf sebagai salah satu aktivitas bermain yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak mudah dilakukan menyenangkan dan aman bagi anak. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) Melakukan perencanaan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) Mengembangkan produk awal 4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 anak 5) Melakukan revisi terhadap produk awal 6) Melakukan uji coba lapangan (kelompok besar) dengan subjek 36 anak 7) Melakukan revisi produk. Instrumen data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa saran-saran dan persentase yang ditujukan kepada satu ahli bahasa satu ahli pembelajaran anak usia dini dan satu ahli permainan. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif diperoleh persentase sebesar 96% dari ahli bahasa 84% dari ahli pembelajaran anak usia dini dan 89 5% dari ahli permainan dengan hasil keseluruhan sebesar 90% sehingga dapat dikatakan masuk dalam kategori valid (layak digunakan). Berdasarkan hasil uji coba lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 95% anak mudah melakukan permainan 100% anak senang melakukan permainan dan 100% anak aman dalam melakukan permainan dadu huruf. Berdasarkan hasil analisis pengembangan permainan dadu huruf maka dapat diambil kesimpulan bahwa permainan dadu huruf dapat digunakan sebagai salah satu aktivitas bermain untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak mudah dilakukan menyenangkan dan aman bagi anak. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak kelompok A di RA Muslimat NU 25 Malang dapat disajikan pada semua anak di RA Muslimat NU 25 Malang serta bisa digunakan di sekolah lain sebagaimana mestinya sesuai materi pengembangan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item